BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah Dr H Harun Nurasid didampingi ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HST Hj Tintainah Harun Nurasid resmikan Rumah Pintar (Rumpin) At-Tin, Rabu (18/2).
Peresmian Rumpin At-Tin yang berlokasi di jalan Telaga Sei Tabuk, Mandingin kecamatan Barabai, HST, ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah HST H A Agung Parnowo, para asisten, staf ahli, kepala SKPD, pengurus TP PKK HST, tokoh agama, dan masyarakat sekitar.
Ketua pengelola Rumpin At-Tin, Gt Rohani Tony Karim dalam laporannya menyampaikan tujuan rumpin ini untuk mewujudkan masyarakat berpengetahuan guna tercipta masyarakat yang sejahtera dan beradab.
“Saat ini rumpin sudah mulai beroperasi dan alhamdulillah baik peserta maupun pengunjungnya juga sudah mulai banyak,” katanya.
Sementara itu, kepala Dinas Pendidikan HST Dia Udini, mengungkapkan jumlah lembaga pendidikan di HSt sejak tahun 2010 berjumlah 290 unit lembaga yang terdiri dari TK,KB, PAUD, dan SPS (Satuan Paud Sejenis). “Sekarang lembaga pendidikan HST semakin berkembang, hingga pada tahun terakhir 2014 lalu berjumlah 340 lembaga dengan jumlah tenaga pendidiknya sebanyak 1006 orang,” katanya.
Lebih lanjut, Dia menuturkan kegiatan Rumpin At-Tin yang terdiri dari lima sentra yaitu sentra Kriya, sentra buku, sentra panggung, sentra komputer dan sentra permainan tersebut tidak luput dari peran SKPD terkait.
“Kami berharap, akan ada penambahan sentra seperti sentra hijau kerjasama dengan BPLH, sentra pertanian kerjasama dengan dinas pertanian, sentra kesehatan kerjasama dengan dinas kesehatan dan sentra kesetaraan (paket C) kerjasama dengan dinas pendidikan,”tambahnya.
Pada kesempatan itu, Bupati Harun Nurasid menyambut baik dan mengapresiasi Rumpin At-Tin. Menurutnya, tujuan didirikannya Rumpin ini sangat luar biasa karena ingin mewujudkan masyarakat yang ingin pintar dan menambah pengetahuan.
“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, bahwa meningkatkan kualitas SDM kita sangatlah penting, karena dengan SDM yang berkualitas tentunya dapat membangun banua kita ini menjadi lebih maju lagi,” jelasnya.
Selain itu, Harun juga mengharapkan eksistensi rumpin ini dapat memberikan kontribusi dalam memajukan pendidikan di HST. “Untuk itu jaga dan mafaatkan sebaik-baiknya sarana ini untuk memperoleh pendidikan,” harapnya. (adv/hum)