BANJARMASIN – KPU Provinsi Kalsel gelar silaturahmi ngopi bareng bersama jurnalis banua, peserta pemilu, KPU Kabupaten/Kota, mahasiswa, stokholder terkait, menuju Pemilu 2019 berjalan aman, damai, tertib, lancar dan kondunsif, Minggu di Tree Park Hotel Banjarmasin.

Hatmiati Divisi Farmas dan SDM KPU Kalsel mengatakan KPU sebagai penyelenggara berintegritas melaksanakan dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan dan PKPU yang dilaksanakan, menjelaskan kepada masyarakat apa saja sebenarnya KPU dan bagaimana bekerja, sesuai tagline tujuan melayani semua masyarakat.

Begitupula dijelaskan kotak pemilu salah satu syarat transparan, dapat diliat isinya, bentuk kotak dibuat jenis bahan karton kedap air, dupblik, memang sudah digunakan sejak Pemilu 2014 di beberapa wilayah.

“Keamananan yang kami jamin, sudah diuji coba kelayakannya, terutama kotak selalu diberi segel setelah dibuka dan ditutup kembali,” jelas Hatmiati.

Hatmiati menambahkan, terkait Alat Peraga Kampanye (APK) harus sesuai menurut aturan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), untuk wilayah gedung sekolah dan pemerintah sampai batas halaman, bagi peserta pemilu diperbolehkan berkampanye sesuai aturan.

Termasuk bagi peserta pemilu memberikan uang transport ada ketentuan di Undang-Undang nomor 7 tahun 2017, diperbolehkan sesuai kepantasan dan kelayakan dikota masing-masing saling berkoordinasi dengan Kesbangpol dan Bawaslu setempat dan bukan bagian dari money politik.

“Asal uang transport yang diberikannya sesuai tanpa melebihi uang kepantasan,” pungkasnya. (metro7/ad)