Barabai — Takbiran keliling yang dilaksanakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) untuk menyambut Hari Raya Idul Adha, Senin (14/10) malam, berlangsung meriah. Start dan finish kegiatan ini dilakukan di halaman rumah dinas Bupati HST.
Kemeriahan malam takbiran itu terlihat dari animo masyarakat yang ingin menyaksikan arak-arakan sambil mengumandangkan gema takbir. Apalagi malam takbiran kali ini ada relief unta yang diarak oleh Remaja Mesjid Kambat Utara Kecamatan Pandawan. Sementra Remaja Desa Dangu Kecamatan Batang Alai Utara membawa relief sapi sebagai hewan kurban di Hari Raya Idul Adha.
Selain itu, ada juga simbol-simbol umat Islam seperti miniatur masjid dan ka’bah, serta spanduk-spanduk atau tulisan tentang pentingnya berkurban  untuk orang lain yang akan membangun sikap empati dan rela menolong.
“Panitia juga memberikan hadiah bagi pemenang pawai yang penilaiannya dilakukan oleh dewan juri secara tersembunyi. Yang berbeda adalah ada dua kategori yang dilombakan untuk tahun ini, yaitu kategori pemerintahan dan kategori unsur masyarakat,” kata ketua panitia pelaksana, Drs H Abdul Gafar.
Bupati HST H Harun Nurasid dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat penting sebagai syiar Islam dan membangun kreativitas anak-anak muda kalangan mushalla, langgar dan mesjid dalam berkreasi ketika mengikuti lomba pawai ini. “Inti dari perayaan Idul Adha sendiri sebenarnya adalah berbagi, dalam kehidupan kita sebagai makhluk sosial ini adalah hal yang sangat penting, berbagi kepada sesama, saling tolong-menolong dan bekerjasama,” ujarnya.
Salah seorang penonton, Suhaimi, menilai pawai takbiran kali ini luar biasa meriah. “Pawai takbiran Idul Adha yang diadakan pemerintah daerah ini selalu kami tunggu setiap tahunnya. Kami mengharapkan tahun depan akan lebih semarak lagi,” ujarnya.
Di akhir acara, panitia mengumumkan hasil penilaian dewan juri. Remaja Mesjid Desa Dangu Kecamatan Batang Alai Utara dengan relief sapinya keluar sebagai juara pertama dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 1.250.000. Juara kedua ditempati oleh Remaja Mesjid Desa Kambat Utara Kecamatan Pandawan yang membawa relief unta dan berhak menerima uang tunai Rp 1.000.000. Sementara juara ketiga ditempati oleh karyawan dan karyawati Kecamatan Haruyan dengan hadiah Rp 750.000.
Sedangkan untuk kategori pemerintahan, Sekretariat Daerah HST mendapatkan juara pertama, diikuti oleh Kementerian Agama HST dan Dinas Kehutanan. AdvHumHST