AMUNTAI — Sat Lantas Polres Hulu Sungai Utara (HSU) memasang beberapa baliho dan banner untuk menghimbau warga agar berhati dalam berkendaraan, apalagi saat memasuki arus mudik lebaran.
Kasat Lantas Polres HSU AKP Winarno mengatakan, pihaknya akan terus melakukan usaha untuk menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya.
“Salah satu upaya kami adalah dengan memasang spanduk dan banner berisi himbauan agar pengendara jalan raya lebih hati-hati dalam melakukan perjalanan, baik jauh maupun dekat,” jelasnya.
Diungkapkannya pula, saat ini pihaknya tengah melaksanakan Operasi Ketupat Intan 2012, yang mulai digelar 11 Agustus sampai 26 Agustus 2012 mendatang.
Untuk operasi ini akan dibangun beberapa pos pemantauan arus mudik dan kondisi keamanan saat lebaran.
Selain Pos Tetap yang berada di Simpang Empat Banua Lima (Pos Pelayanan), pihaknya juga sudah membangun pos untuk memantau arus mudik lebaran yang ditempatkan pada beberapa titik rawan kecelakaan.
Seperti di Kecamatan Amuntai Utara, Kecamatan Amuntai Tengah tepatnya di Desa Muara Tapus dan juga di Kota Amuntai sendiri yakni di depan Taman Putri Junjung Buih (Pos Pengamanan).
Karena di beberapa titik tersebut kondisi jalannya memang masih banyak kekurangan.
Di antaranya kondisi jalan yang masih sempit dan di kiri kanan jalan adalah pemukiman penduduk.
Selama Ramadhan ini, pihak Sat Lantas Polres HSU sudah mengamankan sedikitnya lima unit sepeda motor yang digunakan oleh lima pelajar melakukan aksi kebut-kebutan di sekitar Masjid Raya Amuntai.
Dikatakan AKP Winarno, sepeda motor yang diamankan tersebut baru bisa diurus dan diambil kembali oleh pemiliknya usai lebaran.
“Sementara kita tahan dulu untuk memberikan efek jera, nanti baru bisa diambil setelah lebaran,” ungkapnya.
Winarno berharap sekaligus menghimbau kepada pengguna jalan agar dapat meningkatkan kewaspadaan atau ekstra hati-hati dalam melakukan perjalanan, terlebih jika jaraknya jauh, semua perlengkapan dan kesiapan harus diperhatikan.
“Kalau melakukan perjalanan jauh, di tengah perjalanan hendaknya melakukan istirahat sedikitnya 1 sampai 2 jam, agar mata dan badan yang letih dapat kembali fit. Karena sedikit saja mengantuk, beberapa kemungkinan buruk bisa terjadi,” imbau Winarno. Metro7/Ayie