TANJUNG, metro7.co.id – Sejumlah satwa liar hasil animal rescue dirawat oleh personel Badan Penanggulangan Bencanaa Daerah (BPBD) Kabupaten Tabalong.

Sebelum dilepas ke alam liar, satwa-satwa ini dipelihara oleh sejumlah personel BPBD Tabalong yang sudah mendapatkan pelatihan dan tentunya telah bersertifikat terkait penyelamatan hewan.

Setidaknya, ada lima ekor ular dan seekor iguana yang saat ini masih ada di BPBD Kabupaten Tabalong. Beberapa di antaranya sudah dilepas ke alam liar.

Jenis ular yang dirawat pun juga beragam, bahkan ada satu ekor ular yang berbisa tingkat menengah. Kemudian ada pula ular lainnya bisa dikatakan aman karena tanpa bisa, yaitu sanca, king koros dan flying snake.

Keahlian anggota BPBD Tabalong dalam penanganan satwa ini sudah tidak diragukan lagi. Hal itu terlihat saat personel BPBD Kabupaten Tabalong menjinakan ular di halaman Sekretariat BPBD setempat, baru-baru tadi.

Kalak BPBD Kabupaten Tabalong, Haris Fakhrozi menyampaikan, semua satwa yang ada di BPBD Kabupaten Tabalong hasil dari penyelamatan satwa yang masuk ke rumah warga.

“Biasanya ada laporan ular atau binatang lainnya yang perlu ditangani. Jadi personel kami langsung ke rumah warga yang melaporkan dan menangani satwa tersebut,” ujar Haris Fakhrozi, Kalak BPBD Kabupaten Tabalong, Jumat (9/8).

Haris mengatakan, satwa yang saat ini ada di Sekretariat BPBD Kabupaten Tabalong merupakan satwa yang masih dalam pemeliharaan sebelum nantinya dilepas ke alam liar.

Ditambahkan Haris, apabila ada warga yang membutuhkan bantuan penanganan satwa liar, bisa langsung menghubingi emergency call BPBD Tabalong, melalui nomor 0822 1010 7129. ***