Paringin — Sebelum mengakhiri masa baktinya sebagai Bupati Balangan, Ir H Sefek Effendie ME bertekad menyelesaikan semua pembangunan infrastruktur yang sudah diprogramkan. Salah satu mega proyek yang ingin diselesaikan Sefek adalah pembangunan Islamic Center di Desa Muara Pitap Paringin.
Mudah-mudahan semua selesai sebelum akhir jabatan saya, termasuk pembangunan kawasan Komplek Islamic Center yang akan menjadi trade mark Balangan,” ujar Sefek.
Dijelaskannya, proyek pembangunan Islamic center telah sampai pada tahap penyelesaian struktur bangunan dan kubah mesjid. Selain itu akan dibangun juga taman bermain yang lengkap untuk anak-anak.
”Tahun ini akan selesai sampai finishing mesjidnya dulu, untuk seluruh kawasan komplek, seperti gedung pertemuan, sekolah Islam hingga taman bermain anak, sebelum masa jabatan saya berakhir sudah selesai,” tuturnya.
Sementara itu, Kepala Dinas PU Balangan, Edy Harianto, menyatakan pembangunan kawasan Islamic Center yang cukup megah untuk ukuran Kalsel dengan luasan 9,65 hektare akan menyedut dana sebesar Rp 9 miliar lebih. ”Dana itu akan diperuntukkan bagi pembangunan mesjid bernuansa megah seluas 1,900 M persegi dengan kapasilitas 2500 jemaah,” jelasnya.
Edy Harianto juga menjelaskan, di kawasan yang sama akan dilengkapi lembaga pendidikan Islami terpadu bertaraf internasional, wahana baca atau perpustakaan lengkap, sarana olahraga, tempat rekreasi, kawasan parkir yang memadai, ruang sekretariat serta gedung serbaguna dengan daya tampung 200 orang. (Metro7/Sri)