BATULICIN, metro7.co.id — Perusahaan PT. Borneo Indibara (BIB) yang bergerak dibidang pertambangan Batubara menggelar sosialisasi penggunaan Briket Batubara atau memasak dengan memakai Tambara, di UMKM Center PT. BIB, Selasa (9/7/2024) pagi.

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Dr. Ambo Sakka dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Daerah sangat mendukung dan mengapresiasi terhadap inovasi yang dilakukan PT Borneo Indobara dalam mendorong penciptaan energi ramah lingkungan ditengah masyarakat.

Menurutnya, ini juga menjadi salah satu solusi energi alternatif ditengah harga LGP yang terus berfluktuatif dan langka. Sehingga pentingnya kerjasama dan inovasi dalam penciptaan produk yang kreatif.

Pembuatan briket batubara yang sudah memiliki hak paten dengan nama Tambara (Hitam Membara) adalah merupakan salah satu wujud dari pemanfaatan limbah batubara.

Program ini juga menjadi wujud dedikasi untuk masyarakat lingkar tambang, khususnya bagi masyarakat Kabupten Tanah Bumbu.

Serta memberikan dampak positif bagi masyarakat sehingga bukan saja perusahaan yang terdampak dari kekayaan alam sekitar, tetapi masyarakat juga dapat merasakan melalui produk yang inovatif.

Sementara itu, CEO (Chief Executive Officer) PT. Borneo Indobara (BIB) Bonifasius keterangan persnya menyampaikan dengan peralatan memasak seperti kompor yang menggunakan Tambara dapat memudahkan untuk digunakan oleh masyarakat.

Ia mengungkapkan, program tersebut merupakan substitusi untuk penggunaan gas dan merupakan pengganti gas kedepan.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan demo dan lomba memasak menggunakan Tambara yang diiukuti oleh UMKM setempat yang dipandu oleh chef Agus Sasirangan

Turut hadir Kepala Balai Besar Tekmira Ditjen Minerba Kementerian ESDM Yose Rizal, Camat Angsana Taryono, COO (Chief Operating Officet) PT. Borneo Indobara Raden Utoro, Koordinator Hubungan Komersial Batubara Ayi Ruhiyat, jajaran managemen perusahaan PT. BIB, dan tamu undangan lainnya. ***