Kabid Diklamen Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Sujadi SP
Tanjung — Ujian Nasional (UN) bagi pelajar SMP dan MTs tinggal dua bulan lagi. UN SMP dan MTs akan dilaksanakan pada awal Mei mendatang. Untuk membiasakan para siswa menghadapi UN, Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong akan menggelar try out selama empat hari, tanggal 10-13 Maret 2014.
Kabid Diklamen Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Sujadi SP, menjelaskan, try out meliputi ada empat mata pelajaran yang termasuk dalam UN. Hari pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua Bahasa Inggris, hari ketiga Matematika dan terakhir IPA.
“Diharapkan dengan penyelenggaraan try out oleh Dinas Pendidikan ini dapat memberikan motivasi kepada anak-anak didik supaya dalam mengerjakan Ujian Nasional nanti ada kesiapan melalui hasil try out. Dan dari hasil try out pula tentu dapat dilakukan evaluasi oleh anak-anak siswa maupun guru agar hasil dari UN bisa lebih baik,” katanya.
Sujadi juga mempersilahkan pihak sekolah yang ingin melaksanakan try out sendiri. Namun harus tetap mengacu pada standar UN. Disamping itu pengayaan pembelajaran tetap terus dilakukan supaya anak didik menguasai materu yang diujikan.
Di sisi lain, pada tanggal 8 Maret 2014 Dinas Pendidikan Kabupaten akan menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) di SMPN 1 Tanjung. Pesertanya siswa SMP kelas VII atau kelas VIII yang telah terseleksi di sekolah masing-masing. Para peserta minimal memiliki nilai rapor 7,5 untuk bidang lomba yang akan diikuti.
“Setiap sekolah diwakili empat orang siswa, dengan rincian masing-masing mata pelajaran Matematika satu orang, Fisika sat orang, Biologi satu orang dan IPS satu orang,” terangnya. (Metro7/Via)