Tanjung — Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 diperingati dengan semarak oleh pimpinan dan karyawan PT Pertamina EP Tanjung Field. Pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat di lingkungan Kompleks Pertamina. Pelibatan masyarakat di lingkungan Pertamina ini tidak hanya sebagai peserta upacara, namun juga sebagai pengisi acara.
Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang biasanya dilakukan oleh internal pegawai Pertamina, untuk kegiatan upacara tahun ini Pertamina EP Tanjung Field membentuk tim Paskibra sesuai dengan jumlah anggotanya dengan nama pasukan 28. Paskibra ini merupakan siswa-siswi terpilih dari SMAN 1 Tanjung yang dilatih intensif oleh KODIM 1008 Tanjung sejak bulan Ramadhan dan difasilitasi penuh oleh Pertamina EP Tanjung Field.
Untuk tim paduan suara dan marching band merupakan para pelajar SMP Plus Murung Pudak. Marching Band Gita Dharma Patra SMP Plus merupakan CSR binaan bidang pendidikan Pertamina EP Tanjung Field dimana seluruh perlengkapan dan atributnya adalah bantuan dari Pertamina EP Tanjung Field pada tahun 2011. Sedangkan hiburan acara pencak silat dan karate dipersembahkan para pelajar SMP Plus dan SMAN 1 Tanjung. 
“Peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini dibuat berbeda. Semaraknya harus terlihat dengan melibatkan masyarakat sekitar Kompleks Pertamina agar khidmat perjuangan para pahlawan dapat dirasakan tidak hanya oleh pegawai Pertamina saja, akan tapi juga oleh masyarakat,” ungkap Tanjung Field Manager, Heragung Ujiantoro selaku penggagas kegiatan sekaligus Inspektur Upacara.
Penyelenggaraan kegiatan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih ini dilaksanakan tepat di hari bersejarah bangsa Indonesia, yakni pada tanggal 17 Agustus 2013 mulai pukul 07.00 WITA di Lapangan Sepak Bola Bapor Kompleks Pertamina.
“Meskipun dengan persiapan yang mepet dan sehari sebelum kegiatan terjadi hujan lebat yang menyebabkan lapangan tergenang dan trouble pada sound system, kami bersyukur kegiatan upacara dapat berjalan dengan lancar hari ini. Terima kasih kepada panitia dan pengisi acara yang telah memberikan energi ekstra-nya dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tahun ini,” kata Fredrick Parulian selaku Pjs Tanjung Legal & Relations Asistant Manager usai Upacara.
Siang harinya, kegiatan dilanjutkan dengan jamuan makan siang bersama dengan seluruh anggota dan pelatih Paskibra. Sertifikat yang sama juga akan diberikan kepada seluruh pengisi acara yang terlibat dalam Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih. (zr/Humas)