PARINGIN, metro7.co.id – Pada tahun ajaran baru 2022/2023 ini Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Halong mendapat kenaikan jumlah siswa baru dari tahun ajaran baru sebelumnya.

Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi dunia pendidikan di Indonesia secara umum dan Kabupaten Balangan khususnya.

Mengingat Kecamatan halong sendiri merupakan Kecamatan terujung dari Kabupaten yang berjuluk Bumi Sanggam ini.

Tercatat, pada tahun ajaran baru 2020/2021 siswa baru di sana hanya berjumlah sebanyak 44 orang siswa, sedangkan di tahun ajaran baru sekarang meningkat menjadi 62 siswa.

Sehingga ada sebanyak 22 orang siswa baru yang kini berseragam SMAN 1 Halong.

Tentunya mereka berasal dari berbagai wilayah pedesaan yang berada di Kecamatan Halong.

“Siswa kita yang paling jauh berasal dari Desa Libaru Sungkai,” ungkap, Kepala Sekolah SMAN 1 Halong Rikhy Kurniawan melalui Humas Ely Oktami, kepada reporter media ini.

Kendati demikian, jumlah tersebut sebenarnya tidak tercapai berdasarkan target penerimaan siswa baru di sekolah tersebut, yang semula sebanyak 75 orang.

Namun jika di Presentasikan dengan adanya peningkatan sebanyak 22 orang pelajar itu, maka peningkatan peserta didik baru SMAN 1 Halong di tahun ajaran baru ini berjumlah 50 persen.

Adapun untuk jumlah seluruh siswa di SMAN 1 Halong sendiri sebanyak 137 orang yang terdiri kelas X hingga kelas XII, sambung Ely Oktami.

Selain itu, kesadaran fungsi mengenyam pendidikan di tengah masyarakat yang berguna bagi mereka untuk masa depan, Kata perwakilan Kepala Sekolah dalam sesi wawancara itu, saat ini mulai bertumbuh kembang secara luas.

“Alasan mereka untuk bersekolah tidak lain untuk menata masa depan untuk mengangkat martabat keluarga,” tutupnya. ***