TANJUNG, metro7co.id – Pemerintah Kabupaten Tabalong akan menerapkan sistem pengadaan barang dan jasa dengan sistem E-Marketplace.

Program ini mulai dikenalkan ke jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dalam kegiatan Sosialisasi Digitalisasi Pengadaan Barang Jasa Pemerintah dengan Memanfaatkan E- Marketplace di Aula Pendopo Bersinar Pembataan, Tanjung Kamis (3/12/2020).

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutannya berharap, kegiatan ini bisa dijadikan bahan untuk mematangkan semua perencanaan pembangunan, karena itu pula untuk terpenuhinya rencana pengadaan dan pelaksanaan pengadaan yang telah disusun.

Bupati H.Anang Syakhfiani berharap, pengadaan yang sudah dilakukan dengan baik agar terus ditingkatkan, terlebih-lebih dalam memenuhi prinsip efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Sementara Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Setda Tabalong, Subhan mengatakan sosialisasi ini sebagai informasi awal, dengan tujuan agar untuk memberikan informasi dan wawasan terkait pelaksanaan digitalisasi pengadaan barang dan jasa dengan memanfaatkan e-marketplace.

Sebagai narasumber, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Setda Tabalong menghadirkan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Jawa Barat dan Mbizmarket, selaku pemerintah yang telah menerapkannya.

Dengan begitu, Pemkab Tabalong bisa mengetahui lebih jauh dan mengupayakan akan ikut menerapkannya, sebagai kemudahan dalam melakukan pembelian barang dan jasa yang dibutuhkan.

Dalam acara tersebut, disampaikan keunggulan program pengadaan melalui aplikasi berbasis daring itu, selain efisien dan efektif karena tidak membutuhkan waktu lama, juga bisa memanfaatkan para pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Tabalong.

Data pengadaan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kegiatan bisa langsung didapatkan, lantaran sudah terekam didalam sistem penyimpanan aplikasi. “Sehingga, jika ada pemeriksaan atau audit hanya memperlihatkan bukti pembelian online di aplikasi. yang lebih dari itu juga sebagai transparansi atau keterbukaan pengadaan,” tukasnya. *