TANJUNG, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tingkat Kabupaten Tabalong Tahun 2023, Sabtu (28/10), di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Perwira Upacara Sapril Nor, Komandan Upacara Muhammad Fajar Ramadhan, sedangkan peserta upacara terdiri ASN, TNI-Polri, KNPI, mahasiswa, pelajar dan pramuka.

Turut berhadir juga unsur Forkopimda, para pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong dan perwakilan perusahaan.

Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023 adalah, “Bersama Majukan Indonesia”.

Kegiatan upacara diawali menaikkan bendera dilanjutkan pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, pembacaan teks keputusan kongres pemuda Indonesia Tahun 1928 dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Selanjutnya Bupati Tabalong selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tabalong dan atas nama unsur Pimpinan Daerah menyampaikan ucapan selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-95.

“Semoga dengan hikmah peringatan Hari Sumpah Pemuda ini para pemuda Indonesia, khususnya di Kabupaten Tabalong terus memantapkan dirinya untuk menyongsong masa depan yang lebih baik, karena kita sudah meyakini bahwa masa depan daerah, masa depan bangsa itu adalah milik para pemuda,” jelasnya.

Karenanya, tingkatkan terus kualitas Sumber Daya Manusia di Kabupaten Tabalong, agar bisa berperan lebih maksimal dalam memajukan daerah ini.

Kemudian Bupati membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang dalam bagian pidatonya menyampaikan, pada hari ini 28 Oktober 2023 kita bersama memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023.

“Kita ketahui bersama, bahwa setiap tanggal 28 Oktober kita merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda,” ucapnya.

Momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam sumpah pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 mengusung tema,”Bersama Majukan Indonesia” dengan logo yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna warni menunjukan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia,” bebernya.

Pemerintah Republik Indonsia telah membuka luar partisipasi pemuda pemudi generasi Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. “Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimesme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat didalam pembangunan nasional,” tutupnya.