TANJUNG, metro7.co.id – Pasca liburan lebaran Idul Fitri 1444 Hijiriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong menggelar apel gabungan perangkat daerah untuk kembali mengawali masuk kerja.

Sekaligus juga silaturahmi dan halal bihalal Bupati dan Wakil Bupati dengan karyawan karyawati lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong, Rabu (26/4) di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.

Apel gabungan perangkat daerah dan halal bihalal dipimpin langsung oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani.

Dalam sambutannya, Bupati H Anang Syakhfiani menyampaikan rasa syukur di pagi hari dapat memulai kerja usai cuti lebaran dari tanggal 19 sampai 25 April 2023.

Atas nama keluarga dan secara kedinasan Bupati menyampaikan ucapan permohonan maaf lahir dan bathin kepada seluruh ASN jajaran Pemkab Tabalong.

“Minal aidin walfaidzin, selamat hari raya idul fitri 1444 Hijiriah, semoga amal ibadah kita selama bulan suci ramadhan diterima Allah SWT dan kita juga berdoa semoga kita masih dipertemukan bulan ramadhan yang akan datang,” jelasnya.

Menurutnya, jangankan setingkat orang awam, rasulullah saja menangis ketika bulan ramadhan berakhir.

“Saat kita masih muda, hal-hal seperti ini tidak banyak menarik perhatian kita, tetapi ketika kita sudah mulai berumur dari kebingungan yang akhirnya kita dalami ternyata itu memberikan isyarat bahwa umur itu tidak memandang tua dan muda, orang menangis saat bulan suci ramadhan akan berakhir, karena untuk mencapai bulan ramadhan berikutnya itu sesuatu yang berat,” bebernya.

Lanjutnya, bila umur masih ada akan bisa bertemu bulan ramadhan berikutnya, dan kalau umur tidak ada akan tidak pernah ketemu lagi.

Kenapa orang menangis, karena bulan ramadhan itu adalah bulan maghfirah, bulan keampunan.

“Jadi kalau urusan minta ampun karena dosa dan kesalahan kita itu diberikan jaminan, pasti diampuni sehingga kalimat berikutnya adalah sekarang ini, hari ini, setelah lebaran mulai 1 Syawal kita itu seperti bayi yang baru lahir, bersih, suci dan ini perlu kita pahami sama-sama,” tutupnya.

Kegiatan halal bihalal juga diisi dengan tausyiah dengan tema kemuliaan dan keistimewaan bulan ramadhan dan makna hari raya idul fitri yang disampaikan Ustadz Marhadi LC.