TANJUNG — Malang nasib Ratina Misdaiyah (20). Warga Desa Suput Kecamatan Haruai, kini sedang tak berdaya di RSUD Badaruddin Kasim Tanjung, Tabalong. Kanker di wajahnya, kini melebihi besaran kepalanya sendiri. Ia dan keluarga terus berjuang walau dalam serba keterbatasan melawan kanker ganas yang diidapnya sejak tahun 2018 lalu.

Suara bebaskan Tina dari kanker pun bergema. Aspirasi dari keluarga dan beberapa warga masyarakat yang disampaikan kepada Duta Abulyatama Indonesia (DAI) Cabang Tabalong, menjadi layak untuk diperjuangkan. Menggandeng metro7, sebagai media online terbesar di Banua Enam ini akan membuat sebaran informasi dapat membuat para dermawan lebih cepat mengambil keputusan. Alasan lain, donatur dan jumlah donasi dapat dipantau dan di update dari waktu-ke waktu secara online di Koran Metro7 online.

“Kali ini kita didukung oleh Koran Metro7 online. Ikhitar ini dilakukan untuk mempercepat sebaran informasi dalam hal penggalangan dana. Hal lain akan membantu public dapat memantau update jumlah donasi yang masuk, termasuk donaturnya, sehingga target dana untuk memboyong Tina ke Jakarta dapat segera terpenuhi,”jelas Erlina Effendi Ilas, Koordinator Gerakan Jumat Berkah pada Duta Abulyatama Indonesia (GJB DAI) didampingi Dra Hajjah Hayatun Nufus, Selasa (12/5).

Menurut Erlina, untuk memboyong Tina ke Jakarta pihak keluarga membutuhkan dana ratusan juta. Dana itu meliputi biaya perjalanan pasien dan keluarga yang mendampingi selama di sana, pemondokan selama dalam perawatan, operasional serta hal-hal yang tidak dicover oleh BPJS. Dia, berharap mudah-mudahan, biaya terkait operasi tumor Tina lebih banyak yang dapat dicover BPJS, jika tidak maka Tina akan lebih membutuhkan banyak dukungan

Saat ini , Tina dalam perawatan di RSUD Tabalong. Kondisinya kian parah, karena kanker yang ia idap sangat cepat berkembang. Sebelum tumornya sebesar sekarang, Tina juga pernah dikemo di RSUD Ulin Banjarmasin. Tina dianjurkan untuk di rujuk ke Jakarta. Persoalannya terbentur dana, sehingga keluarga Tina memilihnya untuk dirawat di rumah.

Pemimpin Redaksi/Penanggung jawab Metro7 online Sabirin Syukran Nafis bersepakat dengan DAI, bahwa pihaknya mendukung dan siap menjadi bagian dari media massa yang menyuarakan kebaikan dan ukhuwah umat.

“Kami siap mengupdate donasi dan donatur yang memberikan bantuan atas perjuangan saudari kita, Tina dalam melawan kanker ganas. Tiap waktu, jam ke jam kita akan update perkembangannya, sebagai bagian pertanggungjawaban publik atas dana publik yang diperuntukkan bagi Tina. Ini menjadi penting karena masyarakat berhak untuk tahu perkembangannya, baik soal kesehatan Tina, maupun tranpransi dana yang didonasikan oleh masyarakat.” ujar Sabirin. (Metro7/ris)