TANJUNG – Rangkaian Peringatan Hari Krida Pertanian Ke 47 di Kabupaten Tabalong, juga diisi dengan kegiatan seminar bidang pertanian regional Kalimantan Selatan yang dilaksanakan di Aula Wisma Tanjung Bersinar Komplek Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung, Rabu (19/6/2019).

Seminar diikuti oleh 160 orang peserta yang terdiri DPD Perhmpunan Penyuluh Pertanian Indonesiai (PERHIPTANI) Kabupaten se Kalimantan Selatan, dan dari Kabupaten tetangga Barito Timur, serta para penyuluh pertanian, petani, PUPT, para pemerhati petanian.

Seminar yang bertemakan ” Pengelolaan penyakit tanaman hortikoltura secara hayati, dengan menghadirkan pamateri Prof Dr Ir Hj Salamiah, M.S Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin.

Kegiatan ini terlaksana atas dukungan Pemerintah Kabupaten Tabalong, PT Gunung Mas Kalimantan, dan beberapa pihak lainnya.

Turut berhadir dalam kegiatan seminar ini Ketua DPW Perhiptani Provinsi Kalimantan Selatan, Pimpinan PT Gunung Mas Kalimantan.

Ketua DPD Perhiptani Kabupaten Tabalong, Nana Mulyana mengatakan, seminar seperti ini dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun, dan untuk yang pertama berkaitan dengan tentang pengelolaan penyakit tanaman hortikoltura, dan yang kedua dan ketiga mencari isue-isue yang ada dimasyarakat, kira-kira apa permasalahan yang ada dipetani yang perlu diulas dan bahas dalam seminar berikutnya.

Kegiatan seminar bertujuan agar hasil produksi tanaman hortikoltura khususnya bisa terus meningkat, pengelolaan hama penyakit yang ramah lingkungan, salah satunya dengan dikendalikan secara hayati dengan sasaran menjadi referensi bagi penyuluh pertanian atau petugas dilapangan dalam melakukan penyuluhan kepada petani.

Kemudian terciptanya hasil tanaman hortikoltura secara organik ditingkat petani, produksi meningkat, biaya murah, aman dari racun kimia pestisida, dan ketiga memberikan pertimbangan kepada semua stake houlder pemegang kebijakan untuk meningkatkan pertanian organik, diharapkan apa diupayakan ini dapat tercapai dengan baik, sehingga produksi meningkat, petani sejahtera, dan para penyuluh bahagia.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan, kegiatan seminar yang dilaksanakan Perhiptani bekerjasama dengan Dinas Pertanian ini menjadi hal yang sangat penting, dan ia berharap agar sering dilaksanakan supaya para penyuluh bisa memberikan konstribusi yang makin besar terhadap upaya memacu percepatan pembangunan pertanian di Daerah kita masing-masing.

Bupati Anang berharap kepada para penyuluh pertanian, agar selalu berinovasi untuk melakukan percepatan peningkatan hasil produksi pertanian.

“Semuanya tentunya untuk membantu petani kita juga untuk kemajuan produksi pertanian di daerah,” katanya (metro7/via).