TANJUNG, metro7.co.id – Program dan Visi Misi Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Tabalong 2024-2029 mengusung program utama satu desa satu da’i terkait visi religius, satu desa satu internet plus satu Wife gratis. Kemudian juga program unggulan mencetak 15 ribu tenaga terampil bagi anak-anak SMA/SMK yang lulus sekolah mereka nantinya akan dilatih agar tersedia tenaga-tenaga terampil yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan.

“Intinya kita harus siap jangan hanya jadi penonton, kita harus berdikari, kita siapkan tenaga terampil,” kata Calon Wakil Bupati Tabalong, Muhammad Taufani Alkaf, Rabu (4/9) di Rumah Bersama Kelurahan Mabuun Murung Pudak.

Program selanjutnya terkait penanganan kemiskinan akan melakukan pemberdayaan di masing-masing wilayah kecamatan se Tabalong berdasarkan potensi wilayah masing-masing. Misalnya untuk wilayah selatan yang potensinya sangat bagus untuk bidang pertanian akan dikembangkan sesuai dengan potensi wilayahnya.

Sementara Calon Bupati Tabalong, H Muhammad Noor Rifani mengatakan, terkait penanganan kemiskinan pihaknya akan melakukan tiga langkah, yang pertama akan membuat inovasi Sistem pelayanan penanganan kemiskinan terpadu dan terintegrasi (Si Langkar), jadi ini merupakan basis data untuk penangan kemiskinan,” jelasnya.

Ada tiga hal yang akan dilakukan yaitu yang pertama adalah akan meningkatkan pendapatan masyarakat miskin melalui berbagai pelatihan-pelatihan, kemudian akan menyiapkan bantuan sosial dan penanganan infrastruktur dan pelayanan dasar di wilayah rawan kemiskinan.

“Dengan tiga hal program tersebut insya allah kemiskinan bisa teratasi,” katanya.

Adalagi program Jaminan Tabalong Smart terkait kecelakaan kerja, jaminan kematian untuk masyarakat Tabalong, selain Jaminan Kesehatan seratus persen dan ditambah biaya untuk pendamping yang mendampingi ketika pasien ada yang sakit. ***