TANJUNG – Salah satu bentuk kepedulian terhadap perkembangan pemuda bangsa adalah dengan memberikan wadah bagi para pemuda untuk berkreatifitas dan berkompetisi dalam hal positif.

Salah satu sarana yang bisa dipakai adalah melalui wadah kompetisi cabang olahraga, seperti yang PT. Pamapersada Nusantara distrik Adaro (PT. PAMA ADRO) lakukan dengan menggelar tournamen volly “PAMA CUP” yang menggandeng Pemuda-pemudi Karang Taruna Karya Bersama Desa Kambitin Raya, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong 2018.

Masih dalam nuansa semangat hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, PT. PAMA ADRO bersama Karang Taruna Karya Bersama menggelar tournament bola volly dengan tajuk “PAMA CUP”.
Desa Kambitin Raya sendiri merupakan Desa ProKlim (Pro-Iklim) yang menjadi Binaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong dan PT. PAMA ADRO sejak tahun 2015.

Dalam event ini, anggota Karang Taruna Karya Bersama membuktikan tidak hanya sanggup dalam mengkoordinasi terkait dengan kegiatan bidang lingkungan seperti yang sudah meraka lakukan dalam mendukung desa mereka sebagai desa Pro-klim.

Mereka juga membuktikan bahwa pemuda-pemudi Kambitin Raya mampu untuk menyelenggarakan kegiatan bersifat terbuka dan menyediakan wadah berkompetisi bagi semua peserta yang berasal tidak hanya dari Kabupaten Tabalong, juga dari Kabupaten-kabupaten tetangga seperti peserta dari Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Dalam acara pembukaan tournament yang berlokasi di Lapangan Volly Desa Kambitin Raya, Ketua Karang Taruna Eko Sugianto yang sekaligus menjadi Ketua Panitia Pelaksana tournament “PAMA CUP” ini mengucapkan terimakasih bagi semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya tournament ini.

Juga bagi PT. PAMA ADRO yang sudah mendukung dan memfasilitasi tempat untuk berkompetisi para pemuda di sekitaran Desa Kambitin Raya pada khususnya dan Kabupaten Tabalong pada umumnya.

Eko menekankan bahwa tournament ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga harus dimanfaatkan sebagai ajang persaudaraan dan mempererat silaturahmi antar pemuda di Kabupaten Tabalong dan sekitarnya.
Hal hampir senada juga disampaikan oleh Sertu Rudi Prayitno selaku Babinsa Desa Kambitin Raya yang sekaligus mewakili Koramil Kecamatan Tanjung. Selain sebagai ajang untuk berkompetisi dan semangat meraih juara, dia menekankan agar semua peserta mampu bertanding dengan sportif dan baik peserta, panitia maupun supporter harus berkomitment untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama tournament berlangsung hingga selesai.

Selaku perwakilan management, CSR Officer PT. PAMA ADRO Bayu Handoko mengucapkan rasa bangga untuk semangat dari aparat desa, aparat keamanan, tokoh masyarakat, peserta dan khususnya anggota Karang Taruna Karya Bersama yang telah sukses menjaring peserta dan juga mempersiapkan tournament dengan sangat baik.

Selain itu, Bayu menghimbau agar semua pihak dapat berkomitment untuk melangsungkan tournament dengan tertib dan damai.

Harapannya, dari tournament-tournament seperti ini akan melahirkan bibit-bibit unggul atlet bola volly daerah yang nantinya bisa bersaing dan bertanding hingga level nasional maupun internasional.

“Hal yang perlu saya tekankan adalah bahwa semangat untuk menjadi juara itu harus ditanamkan dalam setiap tim yang bertanding, semangat berkompetisi harus terus dikobarkan. Tetapi jangan sampai sisi kemanusiaan menjadi kikis dan berubah ke hal-hal anarkis yang justru membahayakan keselamatan diri dan orang lain,” pungkasnya. (metro7)