TANJUNG, metro7.co.id – Kelompok Tani Petunjuk Karya wilayah kerja penyuluhan pertanian (WKPP) Lumbang Tingkat BPP Muara Uya menggelar syukuran Panen Padi Sawah IP 200, Tanam Perdana Padi Sawah Musim Penghujan dan Tanam Bawang Merah di Baruh Subur Desa Lumbang RT 05 Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Kamis (08/9).

Hadir dalam kegiatan panen raya tersebut Bupati Tabalong yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kabupaten Tabalong, Hj. Noorhayati, Petugas Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Camat, Kapolsek dan Danramil Muara Uya, para Penyuluh Pertanian dan anggota kelompok tani serta masyarakat setempat.
Dalam sambutannya, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM mengatakan diharapkan dengan hasil panen padi yang berkualitas dapat meningkatkan pendapatan petani lebih jauh untuk turut mendorong swasembada pangan nasional.

Sementara itu Kepala Desa Lumbang, Barhain menyampaikan bahwa pertanian di Desa Lumbang sejauh ini mengandalkan sawah tadah hujan, hal ini disebabkan Irigasi untuk menyalurkan air ke persawahan belum ada.

“Kami mengharapkan pemerintah daerah bisa mewujudkan keinginan kami untuk membangun saluran irigasi agar kami bisa minimal 2 kali panen dalam setahun,” ungkapnya.

Selain kegiatan syukuran panen raya padi varietas IP 200 yang memiliki kualitas baik, juga dilaksanakan penanaman bawang merah di lahan sawah. Acara yg diadakan diareal persawahan ini tetap patuh dan melaksanakan protokol kesehatan. ***