TANJUNG, metro7.co.id – Disela kegiatannya di daerah pemilihan, Anggota DPRD Prov. Kalsel dari Fraksi PKS, Firman Yusi, menyempatkan mengunjungi Sentra Vaksinasi Covid-19 Adaro, Selasa (25/10/2021).

Adapun sentra vaksinasi yang dikunjungi adalah sentra vaksinasi di Kecamatan Haruai dan Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong.

Sentra Vaksinasi Adaro sendiri adalah kegiatan vaksinasi yang dilaksanalan oleh PT Adaro Indonesia, sebuah perusahaa  pertambangan batubara yang beroperasi di Kabupaten Tabalong dan Balangan. Untuk tahap pertama program ini menargetkan lima belas ribu warga disekitar daerah operasionalnya tervaksinasi untuk dosis pertama dan kedua. Bahkan jika antusiasmenya tinggi, rencananya akan ada vaksinasi tahap dua yang menyasar lima belas ribu warga lainnya.

Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel ini mengapresiasi langkah adaro yang dinilainya akan membantu mempercepat tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity). “Mudah-mudahan Kalsel bisa mencapai 80% jumlah populasi tervaksin sebelum Desember 2021,” ujar Firman. Mengingat di Bulan Desember biasanta akan lembali terjadi mobilisasi besar-besaran terkait libur panjang Natal dan Tahun Baru.

“Saya berharap langkah adaro ini diikuti oleh dunia usaha lainnya dan Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kalsel dapat mendorong kontribusi pihak swasta. Swasta sudah seharusnya bantu percepat herd immunity, bisa dilakukan melalui program CSR-nya,” tambah politisi asal dapil 5 ini.

“Saat ini kita tidak hanya bisa berharap pada program vaksinasi pemerintah saja, namun diperlukan kolaborasi, termasuk dengan swasta untuk percepatan itu. Percepatan herd immunity akan berdampak pula pada percepatan pemulihan sektor-sektor terdampak, termasuk pendidikan dan ekonomi,” tegas Firman lagi.

Untuk menarik minat warga, di Sentra Vaksinasi Adaro bahkan tersedia doorprize untuk warga yang ikut serta dalam program. Bahkan ada hadiah utama berupa 10 paket umrah tersedia. ***