TANJUNG – Untuk melihat langsung Pekerjaan Proyek Pemeliharaan Jalan yang sudah selesai maupun yang sedang dikerjakan oleh Dinas PUPR, Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani, Senin (4/3/209) melakukan kunjungan ke Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Jaro.

Dalam Kunjungannya diikuti Kepala Dinas PUPR Tabalong HM.Noor Rifani. Setibanya di Kecamatan Muara Uya, Bupati Anang berkesempatan meresmikan proyek pemeliharaan berkala jalan santuun tohe – danau (ruas 18) sepanjang 3,80 Km, dan pemeliharaan berkala jalan Simpung Layung Santuun sepanjang 5 km.

Peresmian proyek ini dilaksanakan dihalaman Masjid Sabilal Muhajirin RT.11 Desa Simpung Layung, dengan dihadiri Unsur Muspika Kecamatan Muara Uya, Perangkat Desa dan tokoh masyarakat setempat.

Kemudian Bupati melanjutkan kunjungan ke Kecamatan Jaro, untuk meresmikakan pekerjaan proyek pemeliharaan berkala jalan Lumbang – Randu Kecamatan Muara Uya sepanjang 3,50 km dan peninjauan proyek pemeliharaan berkala Jalan Teratau dan Kecamatan Jaro sepanjang 4 km yang dilaksanakan di Kantor Desa Teratau. Kegiatan ini juga dihadiri Unsur Muspika Kecamatan Jaro, Perangkat Desa dan tokoh masyarakat setempat.

“Kqmi senang bisa menikmati hasil pembangunan, terima kasih kini jalan desa tidak rusak lagi,” ucapnya Teguh warga Simpung Layung Santuun.

Bupati Tabalong dalam Sambutannya pada dua kegiatan kunjungan ini mengatakan proyek pemeliharaan berkala untuk peningkatan jalan ini dibiayai oleh dukungan dana insentif daerah, dimana Pemkab Tabalong mendapat alokasi dana insentif Daerah sebesar Rp.50 miliar, karena Kabupaten Tabalong termasuk 7 Kabupaten terbaik dalam hal pelaporan keuangan.

“Insya Allah Pemkab Tabalong terus memberikan perhatian yang besar dan secara bertahap, untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan dibidang infstruktur disemua Kecamatan,” katanya.

Bupati Anang meminta warga masyarakat turut berpartisipasi memelihara jalan yang sudah bagus dengan membatasi muatan angkutan tidak melebihi kafasitas daya tahan jalan seberat 5 sampai 7 ton, sehingga jalan-jalan kabupaten yang ada tidak cepat mengalami kerusakan.

Sementara Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tabalong H.M.Noor Rifani mengatakan peresmia proyek pemeliharaan berkala jalan didua Kecamatan di Wilayah Utara yang diresmikan Bupati, yang pertama di Kecamatan Muara Uya ada 3 ruas jalan dari Simpung Layung- Santuun, Tohe (Danau) telah terselesaikan hampir 10 Km, kemudian Penanganan Jalan Lumbang -Teratau sepanjang hampir 5 Km, dan di Kecamatan Jaro penangan jalan Namun – Teratau sepanjang hampir 4 Km, termasuk pelebaran jalan.

H.M.Noor Rifani menambahkan selain itu ada proyek pekerjaan peningkatan lokasi pariwisata alam Liang Tapah di Kecamatan Jaro, sedangkan untuk jalan Desa teresoler Binjai – Salikung, Binjai- Kumap, Dambung – Hegar Manah sudah mendapatkan SK dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2018 lalu, dengan SK Nomor 332 luas izin pinjam pakai sekitar 46,72 Hektare sepanjang jalan 61 Km dengan lebar jalan 8 meter.

“Sekarang dalam proses melakukan data batas atau pematokan, kalau sudah selesai tinggal proses lelang,” (metro7/via).