TANJUNG, metro7.co.id – Diperkirakan pada Minggu (16/5), beberapa warga akan mendatangi lokasi wisata di Kalsel, untuk mengisi hari libur terakhir lebaran. Oleh karena itu, kabupaten dan kota di Kalsel memperketat pengawasan dan penjagaan lokasi wisata.

Tidak terkecuali di Tabalong, sejumlah warga yang akan berwisata ke tempat Wisata Kinarum Indah, Desa Kinarum, Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, diminta kembali oleh petugas karena masih tutup di hari terakhir libur Lebaran Idul Fitri.

Hal ini juga sesuai dengan keputusan dari Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani yang meminta seluruh tempat wisata di Tabalong tidak beroperasi.

“Sampai saat ini tidak ada objek wisata yang buka, penutupan ini juga lebih kepada pembinaan dan untuk kepentingan yang lebih besar dalam menghindari kerumunan,” ucap Camat, Kecamatan Upau.

Camat Upau beserta tim PPKM mikro dan pengelola tempat wisata terus melakukan pemantauan di lokasi.

Pemantauan atau patroli di tempat wisata guna memastikan tidak adanya warga yang datang untuk berwisata.

Babinsa Koramil 02/Haruai Pelda Basuki yang turut hadir dalam patroli mengatakan, penutupan tempat wisata bertujuan untuk mencegah adanya kerumunan yang dapat menjadi penyebab lonjakan penyebaran Covid-19.

“Sejauh ini pengelola cukup patuh dan sadar terhadap kebijakan tersebut, sementara warga yang datang kami imbau untuk kembali,” ucap Basuki. ***