METRO7.CO.ID, – Tanjung Untuk yang pertamakalinya setelah menerima penugasan sebagai Pelsksana Tugas (Plt) Bupati Tabalong, H.Zony Allfianoor memimpin kegiatan upacara Kamis (22/2/2018) bertindak sebagai Insfektur Upacara pada Peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dihalaman Pendopo Bersinar Tanjung.

Upacara yang melibatkan Satuan Petugas Security perusahaan, petugas bantuan Emergency , petugas pemadam kebakaran, pegawai negeri sipil dan pelajar.
Bertindak sebagai Komandan Taufik dan Perwira upacara , Jasin masing-masing dari Pt.A5 Adaro.

Plt.Bupati Tabalong H.Zony Alfianoor dalam sambutannya mengatakan, upacara Peringatan Bulan K3 rutin kita laksanakan setiap tahunnya dan ini merupakan tahun yang ke empat kita melaksanakannya, Secara umum biasanya setiap tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari setiap tahunnya.

Menurut data BPJS Ketenaga kerjaan tahun 2015, Kecelakaan kerja 110.285 Kasus, tahun 2016 sebanyak 105.185 kasus atau turun 4,6 % dan pada tahun 2017 sebanyak 80.392 kasus meskipun ada kecenderungan turun tapi masih nampak belum optimalnya Pengawasan dan Pelaksanaan K3 .

Pada kesempatan itu H.Zony Alfianoor menghimbau sekakigus menyampaikan harapan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong yang Pertama Budayakankah K3 ditemoat kerja kita masing-masing , Kedua hendaknya Perusahaan-perusahaan dan institusi melakukan upaya kongret pelaksanaan K3 ditempat kerja masing-masing , dan yang ketiga Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong sebgai leading sektor dan pemegang kebijakan daerah bidang K3 dapat juga berfungsi sebagai fasilitator antara perusahaan dengan pekerja , perusahaan dengan pemerintah daerah atsu instansi vertikel yang ada, khusus untuk pelaksanaan dan penerapan K3.

Upaya penerapan zero exident , penerapan sistem management K3 dan upaya penanggulangan lsinnya, hendaknya ditambahkan juga program pencegahan dan penanggulangan narkoba .

Rangkaian kegiatan upacara peringatan hari K3 juga diisi dengan simulasi bantuan dan penanganan kebakaran oleh Emergency Respon Group Pt.Adaro bekerjasama dengan Pt.Pertamina EP Asset 5 Tanjung dan UPBS Bansar Murung Pudak. (Metro7/Via)