TANJUNG – Rapat Paripurna Agenda. Penyampain penjelasan Bupati Tabalong tentang Rencana Raperda Detail Tatarung Kawasan Industri Seradang Kabupaten Tabalong Tahun 2020-2040, Selasa (7/4/2020).

Dihadiri sebanyak 28 anggota DPRD Kabupaten Tabalong rapat membahas kesiapan daerah dalam tata tuang kawasan industri Seradang berjalan lancar.

Bupati Tabalong H Anang Syahkfini dalam sambutanya mengatakan penetapan tataruang untuk investasi ini merupakan tata ruang inisiatif dari pemerintah pusat dan merupakan bagian dari rencana besar pemerinth pusat terkait upaya pemindahan ibu kota ke Penajam Paser Utara Kalimantan Timur dan posisi Tabalong sebagai wilayah penyangga ibu kota.

Anang menambahkan pihaknya diberi waktu sampai Mei 2020 untuk menyelesaikan pembentukan peraturan daerah ini.

“Dan hari ini kami serahkan pada DPRD untuk dibahas dan disepakati menjadi peraturan daerah,” katanya.

Dalam kesemptan yang sama Anang Syakhfiani juga memaparkan terkait keberlanjut pembangun di Indonesia dalam kondisi wabah corona.

Dimana atas intruksi Presiden yang mengeluarkan keputusan presiden terkait re-focusing penangnan virus covid 19 yang intinya memerintahkan pada kementrian sampai pemerintah kabupatenuntuk sesegera mungkin melajutkan re alokasi anggaran guna penanganan covid19 .

Dari Kementrian Pusat pihaknya diharapkan sesegera mungkin melaporkan rumusan re-focusing dan meminta rumusan tersebut selesai dalam waktu satu minggu ini dan di terima Kementerian paling lambat Kamis (18/4).

Terkait anggaran re-focusing bupati tabalong memerintahkan untuk melakukan resionalisasi anggaran semua SKPD termasuk DPRD dari beberapa mata anggaran termasuk perjalanan dinas di pangkas sampai akhir Juni 2020.

Bupati Tabalong menambahkan ada dua agenda besar yang segera dilaksanakan pertama mengembalikan fungsi rumah sakit umum Tanjung sebagai krisis center corona dan segera merenovasi ruangan VIV dan ruangan – ruangan lainya untuk masyarakat yang terkena dan butuh segera diisolasi karantina.

Dan selanjutnya terkait penanganan dampak ekonomi dimasyarakat pemerintah akan langsung bertindak salah satunya dengan pemberian sembako pada masyarakat yang membutuhkan. (metro7/rz)