TANJUNG, metro7.co.id – Setelah dinilai berhasil menekan penyebaran Virus Corona (Covid) 19 melalui gerakan sejuta masker yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Tabalong pada bulan September 2020 lalu, kini kembali melakukan pencanangan gerakan sejuta masker jilid dua.

Pencanangan gerakan sejuta masker jilid dua dilaksanakan di Halaman Komplek Pendopo Bersinar Kelurahan Pembataan Kecamatan Murung Pudak, Jum,at ( 19/03/2021) oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA.

Dalam kegiatan ini Penjabat gubernur juga menyerahkan bantuan secara simbolis sebanyak 5.000 alat rapid test antigen, selain itu dukungan berupa masker mengalir dari perusahaan-perusahaan swasta, perbankan, dari relawan serta dari pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan.

Rangkaian kegiatan pencanangan sejuta masker jilid dua juga diluncurkan aplikasi RT Cegah Covid-19 yang merupapakan hasil dari inovasi Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk melakukan penanganan pencegahan Covid-19 sampai ke tingkat RT.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan, pencanangan sejuta masker jilid dua ini dilakukan karena kami yakin, bahwa dengan disiplin memakai masker, menerapkan protokol kesehatan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Oleh sebab itu dilihat dari data yang ada mulai bulan Maret sampai dengan September 2020 trendnya naik.

Kemudian tercatat mulai 1 Maret 2020 telah dilaksanakan pencanangan sejuta masker jilid satu dan hasilnya pada bulan Oktober dan November mulai landai, sampai dua bulan terakhir ini nol pasien Corona yang dirawat di Rumah Sakit maupun di ruang isolasi Covid-19.

Keberhasilan Tabalong menekan penyebaran Covid-19 dengan disiplin penerapan protokol kesehatan ditambah dengan kegiatan operasi yustisi yang hampir setiap hari dilakukan oleh tiga pilar yang juga didukung para relawan.

Sementara Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA dalam sambutannya mengapresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Kabupaten Tabalong dalam penanganan Covid-19 yang terbaik se Provinsi Kalimantan Selatan.

Safrizal menjanjikan untuk mengajukan Tabalong ke Satgas Nasional Covid-19 sebagai terbaik secara nasional.

Penjabat gubernur juga berkesempatan melepas konvoi kendaraan roda empat gerakan sejuta masker jilid dua, dan juga meninjau dua sekolah yang yang sudah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka serta mengunjungi Covid Center di RSUD H Usman Dundrung.