TANJUNG – Peringatan hari krida pertanian ke 47 dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, di Lokasi Pasar Barunak Tanjung pada Selasa tadi.

Dalam kegiatan ini ditampilkan beberapa stan pameran dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang ada dibeberapa Kecamatan, masing BPP menampilkan keberhasilan produk pertanian, selain itu kegiatan juga diisi dengan lomba Kelompencapir, lomba keterampilan membuat panganan berupa koe, sayur-sayuran dan lomba cerdas cermat.

Yang sangat menarik lagi ada kegiatan pemberian vaksin gratis hewan piaraan yang diberikan oleh panitia, disertai dengan menampilkan beberapa ekor kucing piaraan yang terkena penyakit alergi.

Panitia penyelenggara Norlena Hidayati dalam laporannya menyampaikan, peringatan hari krida pertanian merupakan wujud syukur, sekaligus saling mawas diri, yang setiap tahunnya diperingati oleh segenap masyarakat pertanian yang juga melibatkan semua stake houlder sektor pertanian.

Tujuan kegiatan peringatan hari krida pertanian adalah untuk mendekatkan hubungan antara pelaku usaha agro bisnis dan menjalin kemitraan antara petani.

Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani dalam sambutannya menyampaikan termakasih, penghargaan dan apresiasi atas kerja keras semua insan pertanian, sehingga 5 tahun terakhir pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Tabalong mengalami peningkatan.

2014 sebut Bupati Anang, ketika ia mengawali tugas sebagai Bupati Tabalong, produksi beras hanya sekitar 50 ribu ton yang surplusnya sekitar 8 ribu ton, dan sekarang ini produksi beras mencapai hampir 100 ribu ton dan surplusnya 57,144 ribu ton pertahun sehingga harga beras di Kabupaten Tabalong 3 tahun terakhir ini stabil.

Begitu juga untuk tanaman pangan lainnya seperti hortikoltuta terjadi peningkatan, yang dulunya tidak ada produksi tomat dan sekarang malah berlebihan, dulu tidak ada cabe, sekarang juga kelebihan, sehingga Tabalong mampu sebagai penghasil produksi tomat dan cabe yang disupplay kebeberapa Kabupaten Kabupaten di Kalimantan Selatan.

Begitu juga sektor perikanan budi daya kolam dan disungai termasuk di Balai Benih Ikan Kambitin semua terus berkembang.

kemudian sektor perkebunan produksinya meningkat, terjadi penganekaragaman termasuk juga peternakan.

Peringatan hari krida pertanian ke 47 ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong Hj Syarifah Syifa Anang Syakhfiani disaksikan Wakil Bupati H Mawardi beserta isteri Hj Eka Noor Efiani Mawardi, Ketua DPRD H Darwin Awi, dan Unsur Forkopimda, serta Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan. (metro7/via).