TANJUNG, metro7.co.id – Atas konsistensi dan komitmen tinggi dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup yang berkelanjutan, pekan Tabalong mendapat predikat pejuang lingkungan penghargaan disangga banua untuk kategori Pemerintah Daerah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Penghargaan yang diserahkan langsung secara daring oleh Pj. Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA pada peringatan puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 tersebut merupakan penilaian yang dilakukan terhadap upaya dan kerja nyata instansi pemerintah, lembaga atau perorangan terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Kalimantan Selatan.

Terpilihnya Kabupaten Tabalong sebagai pejuang lingkungan sendiri sangat disyukuri oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani dan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada kerja keras seluruh instansi yang terkait dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Tabalong.

“Terlebih disaat pandemi ini, teman – teman tetap konsisten bekerja menjaga lingkungan,” jelas Bupati Tabalong.

Bupati Anang juga menilai perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Tabalong sudah menunjukan kemajuan yang nyata dari tahun ketahun seperti keberadaan ruang terbuka hijau yang terus meningkat, keberadaan bank sampah disetiap desa/kelurahan, berkurangnya timbunan sampah di TPS dan TPA serta gencarnya program penghijauan melalui penanaman pohon.

Terkait penanaman pohon sendiri Bupati Tabalong segera menginstruksikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup untuk sesegera mungkin mengevaluasinya agar lebih baik lagi. “Siapa yang menyediakan bibit, siapa yang menanam dan siapa yang merawat harus terus dievaluasi,” perintah H Anang Syakhfiani kepada Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong.

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021, Bupati Tabalong beserta Forkopimda dan jajaran di Lingkup Pemkab Tabalong melalukan penanaman pohon angsana di Tempat Pemakaman Umum Muslim (TPUM) Belimbing Raya yang juga merupakan tempat pemakaman khusus Pasien Covid-19 di Kabupaten Tabalong. ***