TANJUNG – Sebuah langkah antisipatif dilakukan oleh warga komplek perumahan pondok karet Kecamatan Tanta untuk mencegah penyebaran virus corona. Selain melakukan penyemprotan disinfektan keliling, warga juga berinisiatif melakukan karantina lokal dengan memeriksa suhu badan setiap warga atau orang luar yang masuk areal komplek .

Ketua RT komplek perumahan pondok karet, Sugeng Setiawan mengatakan, pemberlakuan penjagaan dan screening itu dilakukan untuk memudahkan monitoring siapa saja yang keluar masuk. Khususnya sebagai langkah mencegah peredaran virus corona.

Apa yang dilakukan pihaknya ini adalah untuk menjaga keselamatan warga komplek terlebih mencegah agar virus corona tak sampai masuk.

“Kita berjaga 24 jam di pintu masuk komplek, ini dilakukan tidak terbatas waktu atau sampai virus corona benar-benar hilang,” katanya.

Diungkapnya setiap harinya ada dua petugas dari empat orang yang ditugaskan khusus serta dibantu warga lainnya menjaga di pintu gerbang.

Terkait apa yang dilakukan warga komplek pondok karet dalam upaya pencegahan covid-19 mendapat apresiasi Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani.

“Saya apresiasi atas inisiatif warga pondok karet untuk cegah penyebaran corona, ini artinya tumbuh kesadaran yang bagus dari masyarakat,” katanya.

Diharap Bupati Anang, inisiatif mandiri dari warga pondok karet untuk mencegah masuknya virus corona ini bisa berkembang atau dicontoh tempat lainnya di Tabalong.

“Jadi apapun yang baik dilakukan untuk melakukan pencegahan virus corona, pastinya akan selalu kita dukung,” imbuhnya. (metro7)