METRO7.CO.ID, Tanjung- Untuk memudahkan para pedagang mendapatkan informasi harga pasar setiap saat, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Perdagangan (Disperindag) mengupayakan menyediakan Running Teks.

Running Teks yang merupakan media tulisan tersebut, sudah ada tiga pasar harian di wilayah Kabupaten Tabalong yaitu Pasar harian Tanjung, Pasar harian Kapar dan Pasar harian Kelua.
Kepala bidang Fasilitasi dan sarana distribusi perdagangan Disperindag Kabupaten Tabalong Meri Ria M Sinaga mengungkapkan, fasilitas running teks ini fungsinya untuk memberikan informasi harga bahan pokok kepada masyarakat, dengan adanya running teks masyarakat bisa mengetahui perkembangan harga secara rutin dipasar, dan yang ditampilkan pada running teks adalah harga rata-rata.

“Lewat running teks ini, infornasi harga pasar khususnya harga sembako di update setiap minggu tiga kali yaitu hari Senin, Rabu dan Jum,at,” ujar Meri kepada Metro7.co.id saat ditemui diruang kerjanya, Senin (29/1/2018).

Dalam menyajikan data perkembangan harga pasar ada petugas dimasing-masing UPT Pasar yang setiap hari memantau perkembangan harga pasar.

Meri menghimbau, kepada masyarakat khususnya para pedagang supaya sama-sama menjaga running teks tersebut, karena keberada selain membantu juga bisa dijadikan kebanggaan masyarakat.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Tanjung ,Yusuf Mandala mengatakan, dengan adanya running di pasar Tanjung ini, maka masyarakat khususnya pedagang dan pembeli bisa mengetahui harga sembako berdasarkan patokan Disperindag, jadi kalau masyarakat pembeli menemui harga yang lebih dari itu bisa saja menegur atau menanyakan kenapa tidak sesuai dengan harga yang ada dirunning teks.

“Kepada para pedagang, khususnya pedagang sembako dilingkungan pasar Tanjung supaya senantiasa mengikuti patokan harga yang ditetapkan oleh pihak Disperindag yang merupakan harga patokan dasar Disperindag,” himbaunya. (Metro7/Via)