TANJUNG – Mempunyai hewan peliharaan memang lumrah bagi banyak orang, apalagi hewan kucing. Ya, hewan yang akrab sama manusia ini sering sekali temui dan jadi sahabat manusia. Berkat pandemi ini banyak pemelihara kucing yang awalnya cuma memberi makan dan membersihkan kandang bisa jadi lebih akrab dengan peliharaannya.

Kucing memang kadang ngeselin, tapi menurut riset hewan yang satu ini efektif untuk mengusir stres bagi sebagian orang. Selain menggemaskan, kucing juga bisa menjadi teman di rumah. Hal tersebut akan terjadi jika pemilik merawat kucing dengan tepat.

Salah satu Dokter Hewan di Tabalong, Dokter Suwandi melaui tim Metro7, Sabtu (9/5) sharing tips bagaimana memelihara kucing selama pandemi.

Berikut diantara tipsnya yakni memberi makanan yang bagus dan berkualitas adalah cara menjaga agar kondisi kucing tetap stabil. Lalu hindari menggonta ganti makanan kucing, karna akan menyebabkan diare/menceet pada kucing dan jangan lupa untuk memberi makan sesuai kebutuhan.

Lalu menjaga kebersihan. Sering seringlah membersihkan kucing dari mulai telinga, gigi, kuku, bulu dan kotoran kucing serta jangan lupa untuk memandikannya secara teratur. Jika dibiarkan kotor dan tidak dibersihkan rutin, maka akan infeksi dan penyakit pada kucing.

Selanjutnya menjaga kebersihan Tempat tinggal/kandang. Semprotlah kandang kucing agar mencegah adanya virus dan bakteri yang menempel apalagi ditengah masa pandemi seperti sekarang ini. Cairan disinfektan dapat di buat sendiri menggunakan larutan air sirih ataudisenfektan lain seperti BKC ( Benzalkonium Chiloride).

Suwandi pun berpesan untuk Animal lover Tabalong selama masa pandemi.

“Saya harap kawan-kawan animal lovers dari cat lovers, dog lovers, juga Samata (sahabat musang Tabalong) dan lain-lain agar jangan ngumpul atau kopdar dulu, mari saling menjaga diri untuk sementara hingga wabah ini usai,” pesannya. (metro7/lim)