METRO7.CO.ID, Tanjung, Masyarakat di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menggelar acara `Aruh Banih` yang ketiga kalinya sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen padi, acara syukuran ini dilaksanakan di sekitar obyek wisata Goa Liang Kantin Desa Jaro melibatkan kalangan pelajar, masyarakat, berbagai sanggar seni dan para petani.

Acara ini juga dihadiri Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Aberani Aberar, sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong, Ketua Kejaksaan Kabupaten Tabalong, Dandim 1008 Tanjung dan masyarakat Kecamatan Jaro.

Ketua pelaksana Ketua Pokdarwis objek wisata goa liang Kantin Kecamatan Jaro Asriansyah mengatakan sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras pada acara Aruh Banih ke 3 dan acara ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya lebih meriah.

“Acara dilaksnakan selama dua hari dari tanggal 29-30 September dengan berbagai kegiatan diantaranya workshop tari, workshop musik pedesaan, festival musik pedesaan, festival drumband, lomba tari, ngrobyok tikus dan pawai budaya, saya juga menghimbau untuk seluruh anggota pokdarwis yang ada di Kabupaten Tabalong untuk menjadikan wisata yang ada di bumi sarabakawa sebagai lokomotif untuk menunjang tumbuhnya perekonomian masyarakat Tabalong”jelasnya.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan H.Aberani Aberar membacakan sambutan Bupati Tabalong mengatakan, Banua Tabalong memiliki beraneka ragam suku, seni, dan Budaya, ini semua adalah kekayaan yang tak ternilai harganya. Karena itu, semua pihal harus merasa terpanggil untuk ambil bagian dalam rangka menjaga, memelihara, mengembangkan serta lelestarikan bergam suku, seni dan budaya dimiliki.

“warga jari memiliki cara sendiri dalam mengapresiasikan rasa syukur terhadap limpahan alam yangbsubur untuk pertanian yakni dengan menggelar acara aruh banih sebuah acara dengan aneka kegiatan seperti kompetensi permaian tradisonal, juga kegaiatan edukasi seperti workshol terkait peningkatan pertanian dan perkebunan di Kecamatan Jaro”tuturnya.

Sejumlah kesenian daerah memeriahkan acara ini diantaranya atraksi bela diri tradisional `Kuntau` tarian `Aruh Banih` dan pelantikan Gerakan pesona Indonesia Tabalong (Genpi). MC Tabalong