TANAH BUMBU – Berbagai upaya dilakukan untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Sejauh ini, pembatasan jarak fisik terbukti yang paling efektif untuk menekannya penyebarannya. Tidak dipungkiri, kebijakan ini memiliki tantangan yang harus dihadapi, yaitu ketidakpatuhan masyarakat untuk tidak keluar rumah.

Pencegahan penularan covid-19 menjadi tanggung jawab semua pihak hingga ke desa-desa. Untuk menjangkau masyarakat di perdesaan, Puskesmas dan Klinik memanfaatkan pengeras suara di mobil ambulance untuk mensialisasikan upaya pencegahan penularan corona virus.

Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Desease (Covid-19) Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan gerakan bersama promosi pencegahan Covid-19 yang melibatkan Polres, Kodim 1022/TNB, Pemerintah Desa, Puskesmas dan Klinik Kesehatan, Kamis (23/04/2020).

Kegiatan tersebut dilakukan dengan melakukan siaran keliling menggunakan puluhan ambulance yang dimulai dari halaman Dinas Kesehatan serta menyusuri jalan protokol yang ada di Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Batulicin, Kecamatan Kusan Hilir serta kembali lagi ke Dinas Kesehatan Tanbu.

Kepala Dinas Kesehatan Tanbu, H Setia Budi mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kesiapsiagaan seluruh elemen masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Kita harus melakukan langkah preventif serta perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari Covid-19,” ujarnya. (metro7/khairil)