BATULICIN, metro7.co.id — Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu segera menggelar pendidikan Basic Safety Training (BST) Niaga secara gratis.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Tanah Bumbu Achmad Marlan kepada Wartawan, di Batulicin, usai menghadiri acara penyuluhan hukum dan administrasi pemerintahan desa bersama Bupati Zairullah Azhar, belum lama ini.

“Basic Safety Training (BST), yaitu program diklat yang mengajarkan kepada peserta diklat agar mampu memiliki pemahaman tentang dasar-dasar keselamatan diatas kapal serta mampu mempraktekkan cara-cara mencegah dan mengatasi keadaan darurat,” kata Marlan.

Pendidikan BST secara gratis itu, lanjut Marlan, ditujukan untuk meningkatkan keahlian masyarakat sebagai pelatihan dasar keselamatan, dan mencegah suatu musibah baik di darat maupun di laut.

Seperti niaga kapal roro, kapal penumpang, kapal angkutan orang, dan kontainer. “Sehingga dapat menormalisasikan pula perekonomian,” sebutnya.

Ia menjelaskan, pelatihan BST Niaga nantinya akan digelar lebih lama dari BST dan SKK sebelumnya. “Insya Allah dalam waktu dekat akan segera kita gelar di Tanah Bumbu,” ungkapnya.

Sebelumnya telah dilaksanakan pendidikan BST dan SKK yang diikuti sebanyak 253 peserta dinyatakan lulus, dan empat peserta diantaranya belum lulus.

Ia berharap, pelatihan selanjutnya dapat berjalan dengan lancar, untuk meningkatkan keahlian, dan semua peserta yang ikut bisa lulus.

“Pendidikan BST Gratis ini, kita khususkan kepada warga Tanah Bumbu yang betul-betul tidak mampu secara ekonomi, sesuai kriteria dari Dinas Sosial,” tutupnya. ***