TANAH BUMBU, metro7.co.id – dr. HM. Zairullah Azhar, M.Sc dan Muhammad Rusli, S.Sos resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu.

Upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu Masa Jabatan 2021-2024 bersamaan dengan empat kepala daerah lainnya yang dilaksanakan di gedung Mahligai Pancasila Kota Banjarmasin

Empat kepala daerah yang juga dilantik yakni Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru,  Muhammad Aditya Mufti Arifin dan Wartono, kemudian Bupati dan Wakil Bupati Banjar, Saidi Mansyur dan Said Idrus, Bupati dan Wakil Bupati Balangan, Abdul Hadi dan Supiani, Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Aulia Oktafiandi dan Mansyah

Dalam prosesi itu, dr. HM. Zairullah Azhar, M.Sc dan Muhammad Rusli, S.Sos mengucapkan sumpah jabatan secara bersamaan, prosesi itu dipimpin langsung oleh Pj. Gubernur Kalimantan Selatan, Dr. Safrizal, M.Si.

Pelaksana pelantikan berjalan cukup khidmat, karena tamu yang hadir terbatas yang bisa masuk ke gedung Mahligai Pancasila, setelah pengambilan sumpah dilanjutkan dengan para istri kepala daerah tersebut dilantik jadi Ketua Tim penggerak PKK.

Saat ditemui para awak media usai pelantikan, dr. HM. Zairullah Azhar, M.Sc mengatakan, di awal-awal tugasnya sebagai bupati, dia akan fokus pada penanganan Covid-19 dan percepatan ekonomi.

“Yang akan segera dilakukan sesuai arahan gubernur tadi, pertama adalah tentu yang berkaitan masalah Covid-19 dan berkaitan dengan persoalan ekonomi dan kesejahteraan,” ujar Zairullah Azhar, Jumat, (26/02/2021).

Hadir pada momen pelantikan diantaranya para pejabat teras Provinsi Kalsel, Para pejabat dari Pemkab Tanah Bumbu serta para undangan. Para hadirin tetap mengikuti prosedur protokol kesehatan mengingat saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Sementara itu disisi lain, warga di Tanah Bumbu tampak begitu antusias untuk menyaksikan prosesi pelantikan Zairullah Azhar-Rusll dengan menggelar nonton bareng dibeberapa tempat, diantaranya di kediaman Zairullah Azhar, dikantor Pemkab Tanah Bumbu, kantor Camat Simpang Empat dan di Desa Rejowinangun.