BATULICIN – Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf atau kerap disapa Habib Syech dan Ustadz Das’ad Latief menghadiri Haul ke-4 Haji Maming bin Rahing yang diselenggarakan di Jl Cappa Padang, Batulicin, Tanah Bumbu, pada Sabtu (08/02/2020).

Kehadiran Habib Syech yang merupakan Imam Masjid Assegaf di Pasar Kliwon kota Solo yang dikenal melalui Majelis Ahbabul Musthofa tentunya selalu dinanti khususnya para Syekher Mania, sebutan bagi pecinta Habib Syech.

Dalam setiap tabligh akbar, jamaah diajak melantunkan shalawat dengan syair-syair indah nan menggetarkan hati. Tujuannya hanya satu yaitu mencurahkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Sedangkan Ustadz Das’ad Latief dikenal luas sebagai pendakwah yang berani, tegas dan lugas namun kerap diselingi guyonan menghibur dalam menyampaikan ceramahnya.

Ustadz kondang dari Sulawesi Selatan
ini juga dikenal memiliki ilmu akademis mumpuni dengan meraih gelar Doktor bidang Syariah/Hukum Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Sekarang dia tercatat sebagai dosen mata kuliah Ilmu Komunikasi di Universitas Hasanuddin Makassar dan sejumlah perguruan tinggi lainnya di Sulawesi Selatan.  

Acara haul dirangkaikan dengan shalat berjamaah, dzikir, doa, pembacaan tahlil dan sholawat bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf.

Haji Maming merupakan tokoh masyarakat kharismatik yang sangat dicintai masyarakatnya. Selama hidupnya ia pernah menjabat sebagai Kepala Desa Batulicin dan Kepala Desa Pulau Burung. Lahir pada bulan Syafar 1346 H dan meninggal pada 23 Maret 2016 di usia 73 tahun.

Ketua Yayasan Enam Sembilan Syafruddin yang juga salah satu putra dari Haji Maming sebagai perwakilan keluarga besar Haji Maming dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para jamaah yang berhadir dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Haul ke 4 Haji Maming. Ia juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada hal yang kurang nyaman ataupun kurang berkenan bagi para jemaah haul yang hadir.

“Atas nama keluarga besar Haji Maming, ijinkan saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini. Dan pada kesempatan ini pula kami sekeluarga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan,” ujarnya.

Turut hadir Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, Sekretaris Daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota, pejabat SKPD, para habaib, ulama dan tokoh masyarakat lainnya. (metro7/khairil)