BATULICIN – Dalam rangka meningkatkan kemampuan Tenaga Penggerak Desa (TPD), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pelatihan tenaga teknis pemberdayaan masyarakat desa untuk TPD, kegiatan tersebut bertempat di Sekretariat PKK Kapet, Rabu, 26/02/2020.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mensinergikan peran dan fungsi TPD, dapat meningkatkan kapasitas, efektivitas dan akuntabilitas serta meningkatkan sinergi program pembangunan desa antar sektor.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan peran dan fungsi TPD, serta mensinergikan tugas dan fungsi TPD dengan tenaga penyuluh pemberdayaan masyarakat desa, agar bersinergi antar sektor,” tutur Kepala DPMD Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri.

Nahrul mengungkapkan tenaga penggerak desa adalah salah satu kekuatan yang sangat membantu desa dalam mempercepat langkah menjadi desa berdaya.

“Penggerak desa bukan kerja sembarangan, mereka harus memiliki beberapa kemampuan diantaranya mampu merasuk dalam karakter kehidupan warga dampingannya,” ujarnya.

Dia juga mengharapkan kepada seluruh tenaga penggerak desa yang ada dibawah naungan dinasnya, untuk dapat memiliki kreatifitas dalam membangun desa serta mampu meningkatkan kapasitas keilmuan, moral, keterampilan dan terlibat aktif ditengah masyarakat.

“Tenaga penggerak desa harus terlibat aktif ditengah masyarakat, harus menjadi agen perubahan, kekuatan moral dan kekuatan dalam berinovasi,” ungkapnya.

Nahrul juga menambahkan dalam kegiatan pelatihan tenaga penggerak desa ini akan terus berlanjut untuk beberapa hari kedepan.

“Nanti tanggal 02 Maret 2020 akan kita selenggarakan lagi di Aula Kantor Camat, tanggal 03 Maret 2020 di Gedung Serba Guna Desa Batuah, selanjutnya tanggal 04 Maret 2020 diadakan di Aula Kantor Camat Kuranji,” imbuhnya. (metro7/khairil)