TANAH BUMBU, metro7.co.id – Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Tanah Bumbu ditampilkan pada Gelar Teknologi Tepat Guna Selasa (25/5) di Gedung Mahligai Bersujud Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu, Kalsel.

Inovasi tersebut mulai dari alat penetas telur automatis, alat pisau sadap elektrik dan alat aquaponik plus magot

Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar diwakili Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu, Samsir mengatakan digelarnya lomba ini sebagai upaya mendorong percepatan pembangunan serta kemandirian masyarakat desa, sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam mengoptimalkan sumber daya alam di desa.

“Sebagai upaya mendorong percepatan pembangunan serta kemandirian masyarakat desa dan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM,” ujar Samsir Selasa (25/5/2020)

Dia juga menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakanya lomba inovasi TTG tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2021 dengan tema mewujudkan pembangunan desa melalui dana desa.

“Sangat menyambut baik kegiatan ini dengan tema wujudkan pembangunan desa melalui dana desa yang efektif dan efesien dalam upaya untuk mengoptimalkan pendayagunaan semua aspek sumberdaya lokal (alam, manusia, teknologi, dan sosial) secara berkelanjutan di Tanah Bumbu,” katanya.

Selanjutnya, dia berharap melalui lomba inovasi TTG ini dapat mendorong tumbuh kembangnya inovasi baru sesuai kebutuhan masyarakat dan menjawab permasalahan masyarakat yang tentunya inovasi tersebut tidak merusak lingkungan, murah, mudah dan menghasilkan nilai tambah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud.

Sementara itu, Tenaga Pendamping Profesional (TPP) TA Kabupaten Tanah Bumbu, Laila Hayati, mengatakan bahwa pemenang dari lomba TTG ini akan dilanjutkan untuk mengikuti kegiatan di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Pemenang lomba akan mendapatkan uang pembinaan dan akan mengikuti lomba di tingkat Provinsi Kaslel,” katanya.

Berikut daftar pemenang Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Tanah Bumbu sebagai berikut, :

Juara pertama menampilkan alat penetas telur automatis dari Desa Suka Damai, Kecamatan Mantewe, juara kedua menampilkan alat pisau sadap elektrik dari Desa Karang Indah, Kecamatan Angasana dan juara ketiga menampilkan alat aquaponik+magot dari Desa Mustika, Kecamatan Kuranji. ***