BATULICIN – Antusiasme warga Batulicin untuk melihat pameran artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat Nabi begitu besar.

Pameran tersebut diselenggarakan mulai tanggal 25 Februari 2020 sampai 15 Maret 2020 bertempat di gedung serbaguna Indrasari, Martapura, Kabupaten Banjar.

Salah seorang pengunjung bernama Dewi rela datang jauh-jauh bersama rombongan keluarganya dari Batulicin ke Martapura hanya untuk melihat pameran artefak Nabi Muhammad SAW tersebut.

“Kapan lagi bisa melihat benda peninggalan Nabi Muhammad SAW dan para Sahabat beliau,” ujar warga batulicin ini saat di tanya.

Awalnya Ia mendapat informasi pameran artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW ini saat tengah menghadiri haul abah guru sekumpul yang ke 15, dia berencana langsung mengunjungi pameran tersebut, tetapi waktu itu pameran artefak sedang ditutup panitia karena bertepatan dengan hari puncaknya haul abah guru sekumpul.

“Rencana saya langsung mau melihat artefak peninggalan Nabi, ternyata ditutup dari tanggal 29 Februari sampai 01 Maret, menurut informasi panitia penyelenggara baru di buka lagi tanggal 02 Maret sampai 15 Maret ini,” ungkapnya

Dia pun mengajak keluarga dan kerabatnya untuk melihat langsung benda-benda peninggalan Nabi Muhammad SAW pada hari ini, Minggu, (08/03/2020).

“Hari ini kami khusus seharian untuk melihat langsung pameran artefak peninggalan Nabi Muhammaf SAW bersama-sama keluarga dan kerabat saya” ungkapnya

Untuk diketahui artefak yang dipamerkan merupakan benda-benda kepemilikan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Benda tersebut dibawa dari Mekah, Madinah, Turki, Syria, India, serta Yordania, terdiri dari 30 macam peninggalan.

Ada beberapa artefak peninggalan Nabi Muhammad dan Sahabat, diantaranya yaitu Sorban, Pedang Khalid Bin Walid, Pedang Saidina Hussain, Darah Bekam Rasulullah, Rambut Rasulullah, Janggut Rasulullah, Kunci Ka’bah, Baju Perang Utsmaniyyah, Bekas tempat air Zam-zam Rasulullah, Alas Kaki Rasulullah, Tempat Susu Rasulullah, bekas tempat Celak Siti Khadijah dan lainnya. (metro7/khairil)