AMUNTAI, metro7.co.id – Guna meminimalisir dampak banjir, Koramil 1001-09/Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar aksi tanam bibit pohon.

Tanam pohon ini digelar di Desa Murung Panggang, Kecamatan Amuntai Selatan, HSU, Rabu (19/6/2024).

Kegiatan itu dipimpin Danramil 1001-09/Amuntai Selatan Peltu Iwan Setia Bakti, diikuti anggota, Kepala Desa Murung Panggang serta perangkat desa, Ketua BPD Murung Panggang, masyarakat Desa Murung Panggang, dan Mahasiswa KKN STAI Rakha Amuntai.

Danramil 1001-09/Amuntai Selatan Peltu Iwan Setia Bakti mengatakan, aksi tanam pohon ini bertujuan untuk meminimalisir bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Selain itu, kegiatan juga merupakan bentuk sinergitas antara TNI dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Dia menambahkan, aksi serupa juga dilaksanakan Kodim jajaran TNI AD seluruh Indonesia.

Hal ini sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam upaya menghadapi potensi bencana alam dan meningkatkan ketahanan lingkungan.

“Diharapkan tanam pohon ini memberikan manfaat jangka panjang, seperti peningkatan kualitas udara dan pengembangan ekosistem yang seimbang, terlebih lagi sebagai upaya meminimalisir bencana banjir,” katanya.

Adapun bibit pohon yang ditanam ditanam dalam kegiatan tersebut, Beragaman jenis pohon yang memberikan manfaat ekologis dan ekonomis yang optimal bagi lingkungan dan masyarakat setempat. ***