TANJUNG, metro7.co.id – Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong dalam mendukung program strategis Pemerintah untuk memperkuat dan mempertajam program-program kegiatan-kegiatan supaya lebih tepat sasaran melalui harmonisasi, kolaborasi dengan SKPD lainnya lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Hal itu disampaikan kepala DKPPTPH Tabalong, H Fahrul Raji saat ditemui awak Metro7 di ruang kerjanya, Senin (15/7).

Menurutnya, inti program yang dilaksanakan DKPPTPH tidak lepas dari program strategis dari Pemerintah Kabupaten Tabalong.

“Setiap program yang kami rancang itu lanjutnya, harus ada kontribusinya, dinas kami tentu tidak bisa berdiri sendiri harus melibatkan SKPD-SKPD lain, karena tergantung dari kegiatan program strategis, misalnya terkait program penanganan stunting, maka dinas kami harus merancang program kegiatan di bidang perikanan melalui bantuan memberikan pelajaran atau bimbingan teknis (bimtek) kepada kelompok-kelompok stunting yang terdata oleh dinas terkait atau dinas kesehatan,” katanya.

Bimtek diberikan bagaimana cara mengolah makanan berbahan ikan untuk kebutuhan gizi seimbang termasuk juga bantuan bibit ikan bagi kelompok yang membutuhkan.

Kemudian, terkait dukungan program penangan inflasi, di bidang perikanan juga berperan mendukung upaya pengembangan ikan-ikan lokal mengingat salah satu pemicu inflasi adalah ketersediaan ikan lokal di pasaran, termasuk dukungan terhadap pengembangan komoditas- komoditas lokal seperti lombok bawang dan lainnya.

“Sehingga setiap program yang kita gulirkan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam menekan stunting maupun menekan inflasi di Tabalong,” tutupnya. ***