Tanjung — Target produksi daging di Kabupaten Tabalong tahun 2013 sebesar 380.345 kg. Target itu tertuang dalam kontrak kerja yang sudah ditandatangani dengan Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan.
Untuk mencapai target tersebut tentunya memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Antara lain peternak, Dinas Peternakan Provinsi dan BIB Banjarbaru, bidang peternakan dan perlindungan (Kesehatan Hewan) serta bantuan pendanaan kredit dari perbankan termasuk lembaga lainnya yang menyangkut teknologi peternakan.
Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Tabalong Ir HM Aberani Aberar SSos MP mengawali sambutannya pada pembukaan acara temu tani peternakan se Kabupaten Tabalong di Gedung Pusat Informasi Pembangunan Tanjung, Rabu (19/6) tadi.
Menurutnya, tahun 2013 ini pihaknya berusaha memaksimalkan pemanfaatan bantuan kredit program dari bank untuk membantu mengatasi masalah pendanaan usaha peternakan di Kabupaten Tabalong. Oleh karena itu ia berharap dengan kegiatan temu peternak itu semoga bisa menambah wawasan dan informasi khususnya masalah permodalan, teknologi peternakan yang pada akhirnya bisa mensukseskan program swasembada daging sapi 2014.
Kegiatan temu tani peternakan itu diikuti sebanyak 100 orang peserta petani peternak se Kabupaten Tabalong dengan melibatkan narasumber dari Balai Penelitian Teknologi Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan.
Berdasarkan data Distanakan Kabupaten Tabalong, populasi sapi di di Bumi Saraba Kawa ini tahun 2012 adalah 5.647 ekor. Ketersediaan daging mencapai 332.906 kg atau naik sebesar 14 persen. (Metro7/Via)