TANJUNG, metro7.co.id – Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang secara rutin diperingati setiap tanggal 17 pada setiap bulannya, HKN ini sendiri memiliki makna penting untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

Juga sebagai upaya untuk memelihara, memupuk, meningkatkan nasionalisme serta solidaritas antar anak bangsa, khususnya dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), dan tentunya juga untuk meningkatkan kedisiplinan, patriotisme dan bela negara.

Hal itu disampaikan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tanjung, Nyoman Ayu Wulandari saat menjadi inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) Tahun 2023, Senin (18/9), di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

“Selain itu disampaikannya, HKN tidak terlepas dari yang namanya kedisiplinan, kedisiplinan sangat penting karena merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita sebagai ASN yang merupakan abdi negara dan abdi masyarakat,” jelasnya.

Seorang ASN merupakan jembatan penghubung birokrasi dari pemerintah untuk rakyat. Oleh karena itu sikap disiplin harus di tegakan karena disiplin salah satu sikap yang mencerminkan kepribadian seseorang, tingkat kedisiplinan suatu bangsa mencerminkan kemajuan dan intelektual bangsa tersebut, disiplin adalah satu budaya, satu kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang hingga membentuk satu ke pribadian.

Dalam hal ini, lanjutnya, budaya disiplin itu mencakup tiga hal, yaitu budaya tertib, budaya bersih dan budaya kerja.

Adapun disiplin budaya tertib pegawai dapat dilihat dari segi tatacara berpakaian dinas, disiplin jam kerja dan disiplin yang lainnya.

“Kemudian disiplin budaya bersih dapat dimulai dengan penerapan budaya 5R, Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Yang implementasinya dapat dilihat dari bagaimana kita menjaga kebersihan, dan keindahan kantor kita,” jelasnya.

ASN haruslah selalu menerapkan budaya 5R, karena dengan kantor yang bersih, selain diri kita sendiri merasa nyaman masyarakatpun selaku pengguna layanan juga akan merasa nyaman.

Disiplin selanjutnya adalah disiplin kerja, seorang ASN sudah menjadi tugasnya untuk bersikap netral, serta berkometmen dalam menjaga dan menjamin kepentingan bangsa dan negara, termasuk kometmen ketika bekerja.

“Jadi apa yang kita kerjakan setiap hari, apakah sudah bermanfaat, sudahkah kita melakukan evaluasi terhadap diri kita dalam bekerja dan melayani masyarakat. Disiplin kerja itu meliputi tanggung jawab seorang ASN sebagai abdi negara yang harus dijalankan secara ikhlas dan tulus, serta dilandasi oleh rasa kasih sayang diantara sesama kita dan juga kepada masyarakat, ASN harus senantiasa memberi contoh dan teladan yang baik dalam melaksanakan pekerjaan utamanya dan berpegang teguh pada nilai-nilai utama ASN yaitu berakhlak, berorientasi pelayanan, akuntabel, harmoni, loyal, adaptif dan kolaboratif,” jelasnya.

Masyarakat tentu sangatlah membutuhkan pelayanan yang prima dari semua, pelayanan yang efektif, efesien yang tidak menghambat birokrasi masyarakat merindukan pelayanan tersebut juga berkaitan dengan kepercayaan masyarakat kepada kita semua.

Dirinya berharap kepada semua supaya bisa lebih meningkatkan kinerja dengan selalu menerapkan disiplin dengan memprioritaskan 3 budaya disiplin, yaitu budaya tertib, budaya bersih dan budaya kerja yang disebutkan.

“Jadikanlah pekerjaan yang kita lakukan akan bernilai ibadah dan mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat, utamanya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tutupnya.

Upacara HKN Bulan September Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tabalong ini juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Tabalong bersama Unsur Forkopimda dengan peserta upacara satun ASN, TNI-Polri setempat.