TANJUNG, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Tabalong terus berupaya melakukan sinergitas dan kolaborasi dengan pelaku usaha yang ada, yakni untuk menekan angka pengangguran terbuka melalui program peningkatan wirausaha baru dan tenaga terampil.

Program tersebut pada periode 2019 – 2024 ditargetkan sepuluh ribu, dan realisasinya telah mencapai dua puluh satu ribu.

“Capaian yang melebihi target ini, atas kerjasama dan dukungan dari para pelaku usaha seperti PT Adaro Indonesia bersama mitra kerja dan perusahaan lainnya,” kata Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani saat kegiatan Forum ketenagakerjaan Kabupaten Tabalong Tahap II Tahun 2023 yang dilaksanakan, Selasa (8/8), di Gedung Balai Rakyat H Dandung Suchrowardi/Wisma Tamu Bersinar Pembataan.

Salah satu penyebab kenapa tingkat pengangguran terbuka meningkat tajam di Tabalong, karena kelompok usia sekolah sekarang berkurang, baik yang lulus SMA, SMK, MAN termasuk lulusan Perguruan Tinggi.

“Jadi mereka sekarang termasuk dalam kelompok angkatan kerja, oleh karenanya Bupati Anang meminta kepada pihak pengusaha, agar memahami tentang bonus demografi agar tidak menjadi beban dengan adanya peningkatan pengangguran terbuka, karena booming dari bonus demografi bukan hanya terjadi di tahun 2023 tetapi akan terjadi di tahun-tahun kemudian, kalau tidak kita tangani pengangguran terbuka akan terjadi puncaknya lima tahun mendatang, kita harus kendalikan,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja Tabalong, Herwandi mengatakan pihaknya menjalankan program untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan siap pakai dengan menggandeng pelaku dunia usaha atau perusahaan- perusahan yang ada melalui forum ketenagakerjaan yang telah dibuat kesepakatan bersama.

“Dimana pihak perusahaan mendukung untuk pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) termasuk mencetak tenaga operator dan mekanik sesuai kebutuhan mereka,”Terangnya.

Kesepakatan tersebut, lanjutnya, termasuk mengoptimalkan program penanganan bagi peserta pelatihan di BLK Disnaker Tabalong, agar memiliki keterampilan dan pengalaman kerja pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Tabalong.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tabalong bersama Dandim 1008/Tabalong dan perwakilan management PT Adaro Indonesia, PT Conch South Kalimantan, dan Kepala Disnaker Tabalong melaunching Inovasi Bengkel Sahabat (Bina Tenaga Kerja dan Pelatihan Wirausaha Baru Tabalong).

Inovasi tersebut salah satu inovasi untuk mendorong perluasan kesempatan kerja, dan meningkatkan partisipasi angkatan kerja dalam rangka untuk mengurangi pengangguran dan sekaligus intuk mengurangi penduduk miskin, serta peningkatan ekonomi.