Barabai — Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berupaya keras menekan angka pengangguran di wilayahnya. Salah satunya dengan program padat karya produktif yang bertujuan untuk memanfaatkan dan mengolah sumber daya alam yang ada di daerah. Masyarakat diharapkan mampu mengolah sumber daya alam tersebut menjadi sumber mata pencaharian yang berkesinambungan.
Bupati HST H Harun Nurasid pada saat acara penyerahan Bantuan Usaha Padat Karya Produktif 2013 di Desa Mahang Putat, Selasa (22/10) tadi, berharap program ini berjalan baik dan terus berkembang sehingga dapat memberikan keuntungan bagi para anggota kelompoknya.
“Setiap kelompok usaha harus mampu mengembangkan usahanya. Sehingga tujuan program padat karya untuk mengurangi angka pengangguran dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat bisa terwujud,” katanya.
Menurutnya program ini sangat efektif dalam menyerap tenaga kerja penganggur maupun setengah penganggur dalam jumlah yang relatif banyak dengan membangun sarana produktif yang dapat memberikan manfaat peningkatan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.
“Program ini meruupakan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Kami sangat mengharapkan kegiatan ini dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat dengan mempekerjakan masyarakat setempat yang pada akhirnya dapat mengurangi angka penganguran,” ujar Abu Yazid, Kepala Disnakertransos HST.
Bantuan sarana usaha yang diserahkan oleh Bupati HST untuk kegiatan Padat Karya Produktif Tahun 2013 ini antara lain 1 buah mesin penetas telor dan 40 ekor induk ayam untuk Kelompok Usaha Desa Banua Budi Kecamatan Barabai dan Kelompok Usaha Desa Walatung Kecamatan Pandawan. Kemudian 500 bibit itik untuk Kelompok Usaha Desa Banua Hanyar dan Desa Mahang Matang Landung Kecamatan Pandawan, 5 buah keramba ulin dan 1500 bibit ikan tauman untuk Kelompok Usaha Desa Tabat dan Mantaas Kecamatan Labuan Amas Utara, 20 rempetai atau kandang bibit seledri untuk Kelompok Usaha Desa Mahang Putat Kecamatan Pandawan, dan bibit jagung untuk 4 ha lahan kepada Kelompok Usaha Desa Kambat Utara Kecamatan Pandawan, AdvHumHST