BANJARBARU, Metro7.co.id – Sebanyak 42 orang peserta Calon Tamtama PK Pria Gelombang I 2022 TNI AU mengikuti seleksi penerimaan Tamtama TNI AU rayon Lanud Sjamsudin Noor yang memasuki tahap seleksi samapta A, B dan renang, Kamis (13/1).

Tes Samapta bertujuan untuk mengetahui secara umum eksternal fisik para calon, sehingga diharapkan para calon selain memiliki minat yang tinggi untuk menjadi anggota TNI AU, diharapkan pula memiliki tubuh dan fisik yang sehat. Mereka akan mengikuti proses seleksi berikutnya di Lanud Sjamsudin Noor.

Dijelaskan Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago, hasil tes samapta tiap-tiap peserta merupakan hasil asli dan murni bukan rekayasa, dalam arti tidak ada satu orangpun peserta yang dipaksakan untuk lulus agar dapat mengikuti proses seleksi berikutnya.

“Hal ini merupakan upaya reformasi birokrasi yaitu tidak lagi mengenal KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme) dalam proses rekruitmennya,” tuturnya.

Selanjutnya, peserta akan mengikuti beberapa seleksi bidang berikutnya. Diperkirakan pada akhir bulan Maret 2022, mereka telah selesai menjalani rangkaian seleksi tingkat rayon di Lanud Sjamsudin Noor dan selanjutnya seleksi tingkat pusat di Lanud Adi Sumarmo, Solo.

“Mereka yang lolos seleksi tingkat pusat langsung menjalani pendidikan pertamanya di Lanud Adi Sumarmo,” pungkasnya.