Barabai — Kedisiplinan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) agaknya patut diacungi jempol. Setidaknya pada hari pertama masuk kerja pasca lebaran, tidak satu pun PNS yang kedapatan mangkir atau bolos kerja.
Bupati HST Harun Nurasid berbagi tugas dengan Sekretaris Daerah IBG Dharma Putra melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah.
Bupati Harun Nurasid bersama Asisten Bidang Administrasi Umum H Wildon dan Kepala BKD HST Mahyudin melaksanakan sidak ke Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, RSUD H Damanhuri Barabai dan Kantor Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS). Dari semua instansi tersebut tidak seorang pun ditemukan adanya PNS bolos kerja.
Ada hal yang menarik, saat sidak ke RSUD H Damanhuri Barabai, Bupati Harun menyempatkan diri bergabung dengan warga yang ingin berobat. Meskipun katanya, ada beberapa orang PNS yang masih dalam masa cuti dan tugas lapangan, namun hal tersebut bukan berarti mereka bolos kerja. “Hari ini, semua orang kembali beraktivitas, jadi tidak ada alasan untuk bermalas-malasan dalam bekerja, karena libur lebaran sudah cukup panjang,” katanya.
Di lain tempat, Sekda HST IBG Dharma Putra didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan M Yusuf, serta Kepala Inspektorat HST Sabirin juga melaksanakan sidak di Dinas Perdagangan, Pasar, Koperasi dan UMKM HST, dilanjutkan ke kantor BPMPD HST, Dinas Perhubungan, Kominfo HST, dan terakhir ke Dinas Kehutanan dan Perkebunan.
Hasil sidak yang dilakukan oleh Sekda juga sangat menggembirakan, karena para PNS tidak ada yang bolos kerja kecuali cuti, tugas lapangan dan sakit. “Tidak ada alasan untuk kita sebagai PNS untuk tidak masuk kerja, karena libur lebaran sudah cukup panjang. Lakukan tugas kalian dengan baik, agar pemerintahan berjalan sesuai dengan aturannya,” harapnya. AdvHumHST