• Populasi Sapi di Tabalong 5.647 Ekor
Tanjung — Tiga kelompok peternak di Kecamatan Jaro dan Haruai akan mendapatkan bantuan tiga ekor sapi dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Bantuan itu diberikan melalui alokasi dana sebesar Rp 100 juta per kelompok.
Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Peternakan, pada Dinas Tanaman Pangan, Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Tabalong, Suharyadi, baru-baru tadi.
Menurutnya, selain dari Kementan RI, rencananya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan juga akan memberikan bantuan 60 ekor sapi untuk Kabupaten Tabalong.
Dengan adanya bantuan ini diharapkan target produksi daging sapi tahun 2013 ini sebesar 380,3 ton dengan populasi sapi sebanyak 6.440 ekor, dapat tercapai. Saat ini populasi sapi di Tabalong sudah mencapai 5.647 ekor dengan produksi daging sebesar 332,9 ton.
 Masih rendahnya populasi hewan ternak ini diakui Suharyadi akibat kurangnya jumlah sapi bakalan (induk). Selain itu tingginya pemotongan (penyembelihan) dibanding jumlah sapi yang melahirkan juga berpengaruh terhadap populasi.
Sementara itu, lahan pengembalaan ternak sapi dan lahan untuk tanaman makanan ternak juga masih terbatas sehingga mempengaruhi populasi ternak. Untuk itu Distanakan mengoptimalkan bagaimana managemen reproduksi yang baik dan penyebaran ternak dari berbagai sumber dana. “Termasuk melakukan pembinaan secara optimal terhadap para peternak di Tabalong,” jelasnya. (Metro7/Via)