TANJUNG, metro7.co.id – Menjelang penyelenggaraan Pilkada 2024, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tabalong menggelar pelatihan untuk anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Kamis (24/10).

Pelatihan ini diikuti 30 perwakilan anggota Linmas se Tabalong dan Kasi Tramtib se Tabalong, di Aula Pendopo Bersinar Pembataan.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah membuka resmi kegiatan pelatihan ini.

Kepala Satpol PP dan Damkar Tabalong, Tazeriyanor, mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta pembentukan sikap dan perilaku anggota satlinmas di tingkat desa dan kelurahan.

Selain itu, juga untuk memahami fungsi dari Satlinmas yang tidak hanya membantu dalam terselenggaranya Pilkada 2024.

“Juga untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara Satpol PP dengan TNI/Polri dan instansi terkait lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah, menekankan, personil Satlinmas harus berkarakter professional dengan mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, disiplin, taat pada hukum yang berlaku, dan menjunjung tinggi etika.

Terlebih menurutnya, sebentar lagi akan menghadapi penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Tabalong, maka pelatihan ini penting untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepekaan terhadap potensi terjadinya gangguan ketertiban di masyarakat desa maupun kelurahan.

“Saya mengajak kepada seluruh anggota Satlinmas untuk mempersiapkan diri dengan baik, utamanya terkait pengetahuan maupun keterampilan, dan yang terpenting adalah dapat memahami prosedur dan mekanisme pelaksanaan tugas di lapangan,” ungkapanya.

Diharapkan Hamida, pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas dan keterampilan Satlinmas dalam melaksanakan tugas-tugasnya, baik di bidang pencegahan maupun penanganan situasi darurat di tengah masyarakat. ***