BARABAI – Sedikitnya, 110 orang peserta pekan nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke 14 Kabupaten Hulu Sungai Tengah dilepas secara resmi dalam rangka mengikuti penas di Malang Provinsi Jawa Timur (Jatim), oleh Sekretaris Daerah HST H. Agung Parnowo, bertempat di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten HST, Kamis (5/6).
 H. Agung Parnowo yang membacakan sambutan Bupati HST H. Harun Nurasid, dalam arahanya menghimbau agar semua peserta penas utusan Kabupaten HST, dapat menjaga sikap dan mental selama kegiatan berlangsung. Hal itu dimaksudkanya agar wibawa dan nama baik pemerintah dan masyarakat HST, dapat dijaga.
“Karena kita yang diutus ini dianggap telah membawa nama daerah Kabupaten HST,” ujarnya.
 “Ia pun meminta peserta penas KTNA utusan HST lebihproaktif  terutama dalam mengikuti setiap materi kegiatan. Disamping itu, juga harus kreatif untuk mempromosikan potensi unggulan daerah kita,” katanya lagi.
Diakhir sambutanya, Ia berharap agar peserta yang di utus untuk mengikuti penas KTNA tersebut, begitu sekembalinya di daerah, dapat berinovasi terlebih menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang baru diperoleh selama mengikuti kegiatan penas tersebut.
Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) HST, Zainuddin, mengungkapkan ini merupakan pemberangkatan tahap pertama masih ada dua tahap pemberangkatan peserta KTNA lagi yang akan menyusul.
 “Jumlah peserta Penas KTNA darikabupaten HST berjumlah 221 orang, mereka akan mengikuti kegiatan di desa Kedung Kedaringan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, yang dilaksanakandaritanggal 7 juni sampai 12 juni nantinya,” terangnya. AdvHumHST