BARABAI, metro7.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar Sekolah Jurnalistik, di SMA Negeri 1 Barabai, Selasa (1/10) siang.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua PWI HST, Syarifuddin. Menurutnya, sekolah jurnalistik merupakan program PWI tahun ini.

“Sasarannya adalah para siswa yang mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik. PWI HST memang rutin melakukan pelatihan jurnalistik tiap tahunnya,” ujarnya.

Meski dalam proses pelaksanaannya sering menemui kendala. Namun agenda tersebut tetap bisa dilaksanakan. “Pelatihan ini memang perlu dukungan dari berbagai pihak,” tambahnya.

Sekolah jurnalistik ini juga mendapat respons positif dari pihak sekolah, katanya, sebab para siswa mendapat pengalaman langsung belajar jurnalistik oleh para jurnalis di HST.

“Ini akan menjadi motivasi dan bekal bagi mereka yang benar-benar punya keinginan menjadi jurnalis yang profesional,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Sri Wahyuni.

Pihaknya berharap, kerja sama ini akan terus berlanjut. Sebab, menurutnya, ekstrakurikuler jurnalistik hanya ada di SMAN 1 Barabai. Juga sebagai penyebaran informasi secara luas dan kemajuan jurnalis di HST.

“Untuk para siswa, agar mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya. Agar bisa menyajikan informasi yang berimbang dan dapat dipertanggungjawabkan. Lewat sekolah jurnalistik ini akan diberikan ilmu itu,” bebernya.

Sementara, Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Budin Priliawati Al Afghanistin mengapresiasi sekolah jurnalistik yang dilaksanakan oleh PWI HST.

“Kita perlu meningkatkan minat dan bakat siswa untuk bisa meningkatkan literasi dan kemampuan berkarya dalam bentuk tulisan atau konten-konten,” ujarnya.

“Diskominfo HST siap berkolaborasi memberikan pelatihan-pelatihan kepada siswa khususnya di SMAN 1 Barabai agar bisa belajar tentang jurnalistik yang simpel, menarik dan informatif,” tutupnya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Pemkab HST melalui Dinas Komunikasi dan Informasi serta Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan HST.