AMUNTAI, metro7.co.id – Upaya peningkatan kualitas kehidupan seluruh masyarakat Indonesia terus genjot TNI AD melalui program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD.

Program TMMD merupakan bukti nyata dukungan TNI kepada Pemerintah Indonesia dalam meningkatan perekonomian masyarakat diperdesaan.

TMMD menyasar sejumlah sektor, diantaranya mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan peningkatan SDM pun tak luput dari sasaran.

Selain itu, peningkatan kualitas infrastruktur juga menjadi perhatian. Infrastruktur yang layak tentunya akan mempermudah mobilitas masyarakat dalam melakukan aktivitas.

Nah melalui program TMMD ke-120 ini, Kodim 1001/Hulu Sungai Utara (HSU)- Balangan (BLG) berupaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat perdesaan, salah satunya untuk masyarakat Sungai Karias, kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten HSU, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Masuknya program TMMD ini sesuai harapan masyarakat sekitar dan masyarakat desa setempat, jalan penghubung pertanian ke jalan masyarakat yang dulu sulit dilintasi kini sudah nyaman dilalui.

Berkat peningkatan kapasitas jalan penghubung ini pengangkutan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan menjadi lancar.

“Dahulu jalan ini cuma bisa dilewati sepeda, sekarang sudah bisa dilewati motor bahkan mobil untuk mengangkut hasil kebun,” ujar salah satu warga Sungai Karias Megawati.

Tentunya dia sangat bersyukur dan senang atas keberadaan TNI disini, karena keberadaan bapak TNI sangat membantu dalam pembangunan di desa ini.

“Gudang padi diperbaiki, WC umum diperbaiki, jalan ditinggikan dan dilebarkan,” ucap Mega yang rumahnya berdekatan dengan lokasi kegiatan TMMD.

Selain itu sebut Mega, rumah tetangga bernama Jumairi juga dibangun TNI, karena bahan bangunan rumah dahulu banyak yang rusak. Sebab, usahanya cuma mencari sayur ditambah lagi usianya yang sudah tua.

“Saya pribadi senang dengan keberadaan bapak TNI disini, banyak pembangunan yang dikerjakan,” cetusnya.

Sementara Kepala Desa M Zayen Suseno menyampaikan terima kasih kepada Dandim 1001 HSU-BLG atas masuknya program TMMD ke-120 di Desa Sungai Karias.

Dengan masuknya program TMMD tentunya sangat membantu pemerintah desa dan masyarakat Desa Sungai Karias dan masyarakat desa sekitar terutama yang berprofesi sebagai petani.

Dia menilai dengan mudahnya akses pertanian akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat yang dulu terkendala karena jalan kini sudah tiada lagi. Hal seperti ini tentunya akan meningkatnya penghasilan masyarakat.

Ditambah lagi dengan sejumlah penyuluhan yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD kepada masyarakat di desa ini.

“Kami harap program TMMD ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,” harapnya.

Sementara Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan juga selaku Dansatgas TMMD ke-120 HSU mengatakan, berbagai kegiatan pembangunan dikerjakan di desa Sungai Karias. Mulai dari pembangunan gedung Posyandu, rehab MCK, pembuatan sumur bor, rehap gudang penyimpanan padi, pembukaan lahan ketahanan pangan dan sasaran utama yakni peningkat kapasitas jalan masyarakat.

Tidak hanya itu, pada kegiatan TMMD ini juga menyasar kegiatan non fisik, seperti penyuluhan tentang kesehatan masyarakat, penyuluhan tentang pertanian dan perikanan, penyuluhan tentang KB, stunting, posyandu, penyuluhan tentang bahaya narkoba, penyuluhan tentang tertib berlalu lintas dan Kamtibmas, penyuluhan tentang Wasbang dan bela negara, penyuluhan tentang hukum terpadu, penyuluhan tentang penanggulangan bencana, dan sosialisasi tentang rekrutmen TNI/POLRI.

Dandim mengucapkan terimakasih kepada Satgas TMMD dan semua pihak yang ikut serta mendukung kegiatan sehingga dapat terlaksana sesuai harapan.

“Melalui SDM yang memadai, pasilitas yang tersedia tentu akan menuai keberhasilan sesuai dengan diharapkan yakni peningkatan taraf kehidupan masyarakat diperdesaan,” pungkasnya. ***